Tata Kelola Perusahaan yang Baik (bag 1)

Apakah Anda ingin tahu tentang makna istilah tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance, GCG) dalam bisnis? Temukan semua definisinya di bawah ini, serta mengapa itu penting dan tindakan apa yang dapat Anda ambil untuk membuat strategi tata kelola perusahaan yang efektif.

Definisi tata kelola perusahaan dalam bisnis

Menurut The Organization for Economic Cooperation and Development, Tujuan tata kelola perusahaan adalah untuk membantu membangun lingkungan kepercayaan, transparansi, dan akuntabilitas yang diperlukan untuk mendorong investasi jangka panjang, stabilitas keuangan dan integritas bisnis, sehingga mendukung pertumbuhan yang lebih kuat dan masyarakat yang lebih inklusif.

Dalam situs resminya, Bank Mandiri menyatakan bahwa GCG merupakan prinsip-prinsip yang diterapkan oleh perusahaan untuk memaksimalkan nilai perusahaan, meningkatkan kinerja dan kontribusi perusahaan, serta menjaga keberlanjutan perusahaan secara jangka panjang.

Definisi sederhana tata kelola perusahaan dalam bisnis mengacu pada sistem aturan, pelaksanaan, dan proses yang dengannya perusahaan diatur. Selain itu juga membicarakan bagaimana distribusi hak dan tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam organisasi berkenaan dengan model pengelolaan tersebut.

GCG memastikan semua orang dalam suatu organisasi mengikuti proses pengambilan keputusan yang tepat dan transparan, bahwa kepentingan semua pihak yang terkait (pemegang saham, manajer, karyawan, pemasok, pelanggan, masyarakat sekitar) dilindungi.

Tata kelola perusahaan berkaitan dengan cara investor memastikan mereka mendapatkan pengembalian investasi yang adil. Dalam tata kelola perusahaan, ada perbedaan yang jelas antara peran pemilik perusahaan (pemegang saham) dan manajer (dewan direksi eksekutif) ketika berkenaan dengan pembuatan keputusan strategis yang efektif.

Dalam ekonomi yang berorientasi pasar saat ini dan dengan dampak globalisasi, pentingnya tata kelola perusahaan semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh fakta pengelolaan menjadi cara penting untuk mewujudkan transparansi yang memastikan kepentingan semua pemegang saham (besar atau kecil) terlindungi.

Apa tujuan tata kelola perusahaan? Apa manfaatnya?

Dampak Positif adanya Tata Kelola Perusahaan yang baik antara lain:

  • Memastikan bahwa manajemen perusahaan mempertimbangkan kepentingan terbaik semua orang;
  • Membantu perusahaan memberikan keberhasilan jangka panjang dan pertumbuhan ekonomi;
  • Mempertahankan kepercayaan investor dan sebagai konsekuensi perusahaan meningkatkan modal secara efisien dan efektif;
  • Memiliki dampak positif pada harga saham karena meningkatkan kepercayaan di pasar;
  • Meningkatkan kontrol atas manajemen dan sistem informasi (seperti keamanan atau manajemen risiko)
  • Memberikan panduan kepada pemilik dan manajer tentang apa tujuan strategi perusahaan;
  • Meminimalkan pemborosan, korupsi, risiko, dan salah urus;
  • Membantu menciptakan reputasi merek yang kuat;
  • Yang terpenting – itu membuat perusahaan lebih tangguh.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.