Bagaimana Membuat Pola Analisis Kompetitif

Semua perusahaan berada dalam lingkungan yang kompetitif. Dengan melakukan analisis kompetitif atau dikenal juga sebagai analisis pesaing memungkinkan untuk melakukan peninjauan bagaimana perusahaan Anda menghadapi pesaing langsung dan tidak langsung.

Pesaing langsung: Ini adalah bisnis yang pada dasarnya menawarkan produk atau layanan yang sama dengan perusahaan Anda.

Pesaing tidak langsung: Definisi klasik dari pesaing tidak langsung adalah perusahaan yang menawarkan produk dan layanan yang tidak sama dengan milik Anda tetapi dapat memenuhi kebutuhan yang sama. Namun, untuk tujuan analisis pesaing, perusahaan dari industri berbeda yang saat ini tidak bersaing dengan Anda sama sekali, tetapi berpotensi untuk beralih menjadi pesaing juga harus disertakan.

Saat melakukan analisis persaingan, Anda membandingkan perusahaan Anda dengan pesaing untuk setiap rentang faktor persaingan.

Pola analisis kompetitif yang lengkap akan memberi informasi yang Anda butuhkan untuk:

  • Membantu pengambilan keputusan strategis.
  • Menyoroti kekuatan dan kelemahan organisasi Anda serta organisasi pesaing.
  • Menemukan peluang potensial di tempat Anda bisa mendapatkan pangsa pasar, mendapatkan keunggulan kompetitif, dan lain sebagainya.
  • Memungkinkan seluruh organisasi untuk lebih memahami lanskap kompetitif di mana perusahaan Anda beroperasi.
  • Membantu menginformasikan proposisi nilai perusahaan, yaitu, bagaimana Anda menonjol di pasar dibandingkan dengan pesaing.

Mungkin siapa saja semua pesaing Anda tidak langsung terlihat jelas, terutama yang berkaitan dengan pesaing tidak langsung, jadi sebaiknya buat dan pertahankan pola analisis persaingan yang sudah Anda susun dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh persaingan tidak langsung, mari kita lihat Google. Mungkin ini masih bisa diperdebatkan, tetapi Amazon dapat dianggap sebagai pesaing tidak langsung Google. Mengapa? Karena Google menghasilkan uang ketika orang mencari produk atau layanan dan Google dapat menampilkan iklan untuk produk atau layanan tersebut. Penghasilan itu hanya terjadi untuk penelusuran yang memiliki niat membeli, bukan untuk penelusuran yang tidak memiliki niat membeli, seperti pencarian yang memuat istilah sangat panjang dan tidak jelas maksudnya. Jika Amazon memperluas bisnisnya sedemikian rupa sehingga mereka benar-benar menjual semuanya, maka konsumen bisa jadi mulai melewati Google sepenuhnya dan langsung menuju ke Amazon ketika mereka ingin membeli sesuatu. Ini jelas akan menjadi bencana bagi model bisnis Google dan itulah mengapa Amazon dapat dianggap sebagai pesaing tidak langsung bagi Google.

Contoh yang jauh lebih jelas mengenai persaingan tidak langsung adalah ketika perusahaan Anda menjual asuransi mobil, maka pesaing tidak langsung mungkin adalah perusahaan yang saat ini hanya menjual asuransi rumah.

Faktor yang Ada dalam Pembuatan Pola Analisis Kompetitif

Mari kita lihat setiap faktor kompetitif yang perlu dimasukkan pada pola analisis pesaing. Pola analisis kompetitif dipecah menjadi empat area:

  • Gambaran UmumĀ  Perusahaan
  • Informasi Pasar
  • informasi produk
  • Informasi SWOT

Penjelasan lebih mendalam tentang faktor kompetitif di atas dapat Anda baca pada postingan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.