Biaya operasional membengkak, Turunkan dengan cara cerdas iniBiaya operasional  membengkak hingga perusahaan mengalami kerugian, tentu ini adalah sesuatu yang menakutkan. Mungkin Anda tengah mengalaminya. Anda dapat mencoba check laporan pengeluaran perusahaan, periksa dengan teliti. Cukup banyak faktor yang bisa mempengaruhi pengeluaran perusahaan, menjadikan pengeluaran membengkak. Contohnya adalah:

  • Biaya operasional
  • Biaya produksi
  • Biaya pemasaran
  • Distribusi

Kesemua itu dapat mempengaruhi. Biaya operasional tinggi namun tak diimbangi pemasukan yang besar, itulah yang menjadi sebuah masalah. Dampaknya yakni pada kerugian perusahaan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, tidak menutup kemungkinan perusahaan bisa mengalami gulung tikar ke depannya. Biaya operasional merupakan sesuatu yang harus dikontrol sebaik mungkin, harus lebih kecil dari pendapatan, agar selisihnya positif – Untuk jangka panjang.

Kebijaksanaan perusahaan

Akan dibutuhkan sebuah kebijaksanaan masuk akal dalam usaha menekan pengeluaran tersebut. Sebuah perusahaan tak akan dapat memotong gaji karyawan, walaupun perusahaan mengalami kerugian, karena gaji karyawan adalah hak karyawan yang tak dapat diganggu. Lalu usaha apa yang sebaiknya dilakukan oleh seorang direktur, manajer, atau CEO dalam menekan kerugian operasional yang dialami oleh perusahaan?

Para direksi atas wajib untuk menurunkan biaya operasional tersebut bagaimanapun caranya. Pasti ada jalan keluarnya. Berikut beberapa cara mereduce cost yang boleh dicoba:

Tips reduce cost atau menurunkan biaya operasional perusahaan

Rapat di hotel berbintang, kurangi dari sekarang!

Perusahaan seringkali mengadakan rapat dalam pembahasan isu perusahaan yang krusial di hotel berbintang. Apalagi perusahaan yang berskala cukup besar, ini bukanlah sebuah hal yang aneh lagi. Alasan menggunakan hotel berbintang karena supaya anggota rapat dapat fokus serta terinspirasi dalam menghasilkan strategi yang jitu untuk menyelesaikan problem dalam perusahaan tersebut. Namun harap diketahui bahwa rapat pada hotel berbintang akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika dalam satu bulan rapat cukup sering dilakukan. Untuk itu, bisa diakali dengan memanfaatkan ruangan yang sudah ada di perusahaan. Tetapi perhatikan juga tujuan rapat, serta jumlah anggota rapat, sebaiknya memilih ruangan di perusahaan yang memang memiliki fasilitas memadai. Ruang di perusahaan jika diatur sedemikian rupa dan diberi fasilitas yang memadai bisa menjadi ruang rapat yang tidak kalah dibandingkan dengan ruang rapat di hotel berbintang, dan yang pasti lebih efisien.

Draf dokumen dengan kertas bekas

Penggunaan kertas walaupun terlihat sepele, namun ternyata jika ditotal bisa menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dalam mencetak dokumen perusahaan maupun surat yang lainnya, sebaiknya memanfaatkan kertas bekas. Penggunaan kertas di sebuah perusahaan harus dibuat seefisien mungkin. Kecuali untuk surat-surat yang sangat penting, maka kertas bekas masih bisa dimanfaatkan. Jika tidak, alternatif lainnya adalah menggunakan system paperless, dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Contohnya flashdisk, e-mail, projector, dan sejenisnya – Dengan kata lain menggunakan soft-file. Lebih ringan, lebih aman pula, karena file bisa diberi password sehingga tidak sembarang orang bisa membaca isi file tersebut selain yang mengetahui passwordnya.

Kurangi jumlah karyawan outsource

Karyawan outsource jika dirasa kurang membawa kemajuan bagi perusahaan bisa Anda kurangi, atau ditiadakan jika serasa tak perlu. Sebaiknya diskusikan masalah ini dengan seorang karyawan yang kompeten. Anda harus ingat bahwa setiap keputusan akan membawa resiko, bisa membawa dampak negatif dan juga dampak positif. Jika Anda memutuskan untuk menghilangkan karyawan outsource, maka bisa memberikan beban kerja tersebut pada karyawan kompeten yang ada di perusahaan, tentunya dengan komisi yang memadai.

Itulah 3 cara untuk mengurangi biaya operasional perusahaan. Tetapi jangan lupa untuk memikirkan bagaimana meningkatkan pendapatan perusahaan, dengan begitu total profit perusahaan akan lebih besar dan membawa kemajuan bagi perusahaan untuk jangka panjang.