Teknologi Komputer yang Membuat Bidang SDM Semakin Manusiawi

Peningkatan kecepatan hitung komputer masa sekarang mampu menghadirkan teknologi yang kita sebut kecerdasan buatan. Yaitu suatu teknologi yang mampu menyuguhkan prakiraan dan perhitungan rumit dalam waktu singkat.

Teknologi ini diterima di banyak sektor karena pengaruhnya yang besar pada inovasi, produktivitas, dan profitabilitas organisasi. Tapi kecerdasan buatan mendapat banyak anggapan negatif di bidang Sumber Daya Manusia.

Kebanyakan penggiat SDM beranggapan bahwa komputer membuat SDM menjadi kurang manusiawi dan mengambil alih peran profesional SDM. Namun, jika dilihat lebih dekat, kita akan melihat bahwa yang sebenarnya justru sebaliknya.

  1. Komputer Memungkinkan HRD Menangani Lebih Banyak Masalah Terkait Personalia

Komputer membantu HRD mengelola tugas-tugas administratif yang dulunya bersifat manual, seperti mengatur file dan informasi karyawan.

Dengan begitu HRD bisa lebih fokus menangani masalah yang berhubungan dengan personal, seperti konflik antara rekan kerja, karyawan yang stres, manajemen suksesi, melayani secara langsung berbagai pertanyaan terkait SDM yang dimiliki karyawan, dll.

Pekerjaan HRD di masa depan akan banyak melibatkan teknologi. Tapi HRD harus memastikan bahwa urusan yang membutuhkan manusia tetap dikerjakan oleh manusia.

  1. Komputer Memberi HRD Lebih Banyak Waktu dengan Calon Karyawan

Komputer dapat membantu HRD dengan cara mengelola data calon karyawan melalui aplikasi.

Dengan begitu tim HRD dapat menggunakan lebih banyak waktu untuk menjawab pertanyaan yang dimiliki pelamar tentang proses wawancara, status lamaran, manfaat, hasil penilaian, dll.

Karena keberadaan komputer, HRD bisa mengalokasikan banyak waktu dengan setiap calon karyawan sehingga mereka memiliki informasi tentang organisasi dan bagaimana organisasi memperlakukan calon pekerja.

Waktu tambahan tersebut juga memungkinkan HRD untuk mengenali pelamar lebih baik, memastikan bahwa keputusan perekrutan tidak sepenuhnya otomatis dan bias oleh platform yang digerakkan oleh komputer.

  1. Komputer Memungkinkan HRD Menerapkan Program Orientasi yang Lebih Baik

Jika tim HRD dapat mengandalkan komputer untuk menangani lebih banyak tugas administratif dan rutinitas sehari-hari, HRD akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pengembangan dan penerapan program orientasi berkualitas tinggi.

Dengan begitu akan membuat program orientasi mengarah pada penurunan tingkat perputaran karyawan, kenaikan tingkat produktifitas   karyawan, dan kenaikan tingkat keterlibatan karyawan yang juga akan mengarah pada keuntungan yang lebih sehat bagi organisasi.

  1. Komputer Membantu HRD Mempertahankan kepuasan dan keterlibatan Karyawan

Ketika departemen SDM dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk menangani masalah yang langsung berkenaan dengan personalia, maka akan dapat membuat karyawan lebih puas dan partisipatif karena akan menghasilkan gagasan yang lebih baik tentang apa kebutuhan karyawan.

Misalnya, HRD akan lebih tahu kapan perusahaan perlu menawarkan opsi kerja yang lebih fleksibel kapan mereka perlu mengembangkan program insentif yang lebih baik, apakah terdapat konflik pribadi yang mempengaruhi kinerja, dll, Berdasarkan interaksi HRD dengan karyawan dibantu data karyawan yang dikumpulkan oleh aplikasi SDM.

  1. Komputer Membantu HRD Memastikan Peraturan dan Standar Kerja Sudah Dipatuhii

Kecepatan informasi masa kini disebabkan karena teknologi komputer, dengan demikian sebenarnya komputerlah yang membantu tim HRD mengetahui kapan manajemen perlu menyelenggarakan pelatihan kepatuhan atau saat standar industri terbaru diterbitkan. Dan ini membantu memastikan bahwa karyawan selalu menyesuaikan standar yang relevan.

Saat organisasi menggunakan komputer dalam praktik SDM, sebenarnya komputerlah yang membantu praktik SDM menjadi lebih manusiawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.