Manfaat Pencanangan Target (bag 1)

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki visi yang jelas tentang ke mana Anda melangkah dalam hidup? Apakah Anda kemudian menetapkan target dan mengambil tindakan demi mewujudkannya?

Jika demikian, Anda sepertinya sudah merasakan manfaat penetapan target. Jika tidak, maka artikel ini bertujuan untuk meyakinkan Anda bahwa jika ingin sukses, Anda harus memiliki target.

Jika Anda pernah mencoba menetapkan target di masa lalu tetapi gagal. Atau jika Anda baru mencoba menetapkan target, tip berikut cocok untuk Anda.

Agar berhasil menetapkan target, Anda harus fokus pada target proses, bukan target hasil.

Apa maksud pernyataan itu?
Anda harus fokus pada proses pembangunan kebiasaan sehari-hari. Jangan mengejar target atau impian besarnya.

Misalnya, Anda menjalankan bisnis kecil, dan ingin menggandakan pendapatan di bulan ini. Anda mencoba penawaran pintu ke pintu dan via telepon setiap hari. Misalkan pada akhir bulan, Anda telah mencapai target. Itu bagus!

Namun nyatanya, itu tidak berhasil. Akhirnya, Anda lalu memutuskan kembali ke cara lama.

Mengapa itu bisa terjadi? Karena sebenarnya perilaku tidak didorong oleh target tetapi didorong oleh proses.

Cara yang lebih berkelanjutan adalah dengan membiasakan melakukan 20 telepon penawaran setiap hari. Jika itu ternyata menggandakan pendapatan, bagus, teruskan. Jika tidak, yang harus dilakukan adalah menyesuaikan kebiasaan. Mungkin bisa dengan melakukan 25 telepon penawaran setiap hari di bulan berikutnya.

Ketika sudah jelas bahwa target tidak dapat dicapai, jangan sesuaikan target, sesuaikan langkah tindakan.

Jika Anda fokus pada apa yang dapat dilakukan setiap hari – target harian – daripada target besar di hidup Anda, kemungkinan besar Anda akan menjadi penentu target yang sukses.

Sekarang kita akan melakukan kajian beberapa manfaat dari penetapan target.

1. target dapat membantu kita menghindari kegalauan

Terkadang, Anda mudah merasa lelah ketika melihat gambaran besar kehidupan atau karier Anda. Jika Anda berada pada titik tertentu dalam hidup dan target di depan terasa jauhnya beberapa tahun cahaya, maka mudah untuk merasa sedih dan menyerah.

target jangka pendek dapat membuat Anda tetap fokus pada apa yang harus dilakukan di sini dan sekarang. Anda memiliki target akhir fasih berbahasa Prancis, akan terasa lebih mudah untuk fokus pada target belajar bahasa Prancis selama satu jam hari ini. Kemudian satu jam lagi besok. Dan seterusnya, sampai akhirnya target akhir Anda berbicara bahasa Prancis datang dengan sendirinya.

Kutipan dari Venus Williams: “Saya tidak fokus pada apa yang saya hadapi. Saya fokus pada target saya, dan saya mencoba untuk mengabaikan selainnya.”

2. target dapat meningkatkan motivasi

Manfaat lain dari penetapan target adalah dapat meningkatkan motivasi. Dalam situs ini sebenarnya terdapat artikel yang membahas topik ini.

Teori Motivasi Penetapan target Locke menjelaskan bahwa Anda dapat meningkatkan motivasi dengan menetapkan target yang jelas dan menantang (tetapi tidak terlalu susah).

Teori ini juga menyatakan bahwa jika Anda menghindari menetapkan target yang terlalu rumit dan menerima umpan balik secara teratur, maka Anda akan jauh lebih termotivasi untuk memaksa diri sendiri mencapai target.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.