Mengatasi Keyakinan Negatif bag 2

Pada bagian pertama kita telah memahami asal-usul keyakinan negatif kita. Lalu bagaimana mengidentifikasi keyakinan negatif itu.

Untuk membantu Anda mengidentifikasi keyakinan yang membatasi Anda, Anda dapat mengajukan pertanyaan pada diri sendiri.

Buat daftar hal-hal yang Anda kuasai dan yang tidak Anda kuasai. Lalu mengapa Anda merasa kekurangan dalam hal-hal yang dimaksud?

  • Apakah ada aktivitas yang menurut Anda harus dilakukan tetapi belum? Adakah aktivitas yang Anda tunda karena suatu alasan?
  • kerja seperti apa yang paling tidak Anda sukai?
  • Bidang apa dalam hidup yang menghambat Anda? Mengapa Anda belum melakukan sesuatu tentang bidang itu?
  • Saat bertemu dengan orang baru dalam kapasitas profesional, aspek apa dari diri Anda, latar belakang, atau kepribadian Anda yang tidak ingin diketahui orang itu?
  • Bidang apa yang sering kali Anda hindari jika dimintai bantuan?

Tuliskan jawaban Anda dan mengapa itu bisa terjadi.

Cara lain mengidentifikasi keyakinan yang membatasi diri Anda adalah dengan mendengarkan monolog internal yang terjadi di pikiran Anda. Yaitu ungkapan dan kalimat yang Anda ucapkan kepada diri sendiri saat menjalani hari dan menghadapi situasi sekitar.

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka berbicara dengan diri sendiri saat menjalani hari mereka. Cobalah untuk lebih memperhatikan perkataaan kepada diri sendiri tersebut. Untuk keperluan ini, akan ssangat baik untuk mencoba mencatat perkataan yang bernuanssa negatif yang terbersit di pikiran Anda.

Perkataan yang dimulai dengan: aku tidak, misalnya, aku tidak mau berolahraga, aku tidak pantas menerima pujian itu, dan sebagainya.

Perkataan yang mengandung: aku tidak bisa, misalnya, aku tidak bisa matematika, aku tidak bisa menyanyi, dan sejenisnya.

Contoh yang lain, misalkan, aku paling susah jika bicara di depan forum, kalau situasinya seperti ini rasanya aku akan gagal, ia bisa seperti itu karena ia lebih cerdas dan berbakat, dan sebagainya.

Ada banyak bentuk ungkapan keyakinan yang membatasi tersebut terlihat dalam monolog internal kita. Jaga kewaspadaan pikiran Anda agar pikiran-pikiran ini dapat dikenali saat itu terjadi. Dari waktu ke waktu kemampuan seperti ini akan terasah dengan sendirinya.

Kami harap Anda bisa menangkap dengan jelas bagaimana pemikiran seperti yang diberikan dalam contoh di atas benar-benar dapat memengaruhi kualitas hidup dan karier Anda.

Memulai Proses Mengatasi Keyakinan Negatif

Setelah kita memahami apa itu keyakinan negatif dan bagaimana mengenalinya, mari kita memulai proses sederhana untuk mengatasi keyakinan negatif itu.

  • Menentukan suatu keyakinan
    • Langkah pertama dalam proses ini adalah menentukan sebuah keyakinan yang ingin Anda ubah. Pilih keyakinan yang membatasi perkembangan dan kebahagiaan Anda. Bisa jadi keyakinan bahwa Anda bukan seorang yang cerdas? Mungkin pemikiran bahwa Anda bukanlah seorang karyawan yang baik? Atau anggapan bahwa Anda paling tidak bisa jika harus melakukan presentasi? Silahkan pilih yang paling penting bagi Anda.

      Langkah selanjutnya kami bahas di bagian ke-3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.