Siklus PDCA, Siklus Deming (1)

Siklus PDCA adalah metode yang dapat membantu Anda terus meningkatkan kualitas produk, layanan, dan proses dalam organisasi. Ini merupakan siklus empat tahap perbaikan yang berkelanjutan.

Anggap saja Anda adalah seorang pemilik bisnis marketplace e-commerce yang mulai berkembang. Ulasan para penjual di marketplace Anda mengeluhkan fitur informasi pengantaran yang baru ditambahkan beberapa bulan terakhir sering bermasalah. Anda menemukan banyak keluhan tentang informasi pengiriman yang sering tidak sinkron.

Anda memutuskan untuk menjawab ulasan para penjual itu dengan meminta tim pengembang hanya berfokus pada peningkatan kualitas fitur pengiriman selama beberapa minggu. Setelah empat minggu, Anda senang karena melihat bahwa ulasan yang masuk mulai membaik, kemudian Anda memutuskan untuk menjaga 20% dari tim pengembang hanya berfokus pada peningkatan kualitas fitur pengiriman mulai sekarang.

Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi Anda baru saja menyelesaikan satu putaran dari Siklus PDCA.

Latar Belakang Sejarah

Siklus PDCA dirumuskan oleh Dr. William Edwards Deming, seorang penggiat gerakan manajemen mutu, pada tahun 1950-an.

Siklus PDCA memiliki banyak nama lain, diantaranya: Lingkaran Deming, Roda Deming, Siklus Shewhart, Siklus Kontrol, PDSA: plan-do-study-act.

Sekilas Siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act)

Siklus PDCA didasarkan pada gagasan bahwa perusahaan dapat secara bersamaan meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya.

Pengurangan biaya mungkin tampak berlawanan dengan intuisi karena Anda membutuhkan investasi ketika melaksanakan Siklus PDCA, tetapi ini dicapai dengan mengurangi pemborosan, pengerjaan ulang, litigasi, sambil meningkatkan loyalitas pelanggan.

PDCA adalah singkatan dari Plan-Do-Check-Act dan merupakan pendekatan terstruktur untuk membantu Anda bergerak lebih dekat menuju apapun target yang ingin Anda capai. Tidak masalah apa jenis tujuan yang Anda pilih, tetapi biasanya itu terkait dengan peningkatan kualitas. Anda terus melakukan perbaikan dengan mengulangi siklus berulang kali, setiap perputaran membawa Anda lebih dekat ke tujuan yang Anda inginkan.

Siklus PDCA adalah metode yang bagus untuk menghindari kelumpuhan analisis karena metode ini membuat Anda menguji dengan cepat suatu ide dan bergerak maju. Setiap putaran yang Anda lakukan melalui siklus ini memperbaiki situasi Anda atau memberikan umpan balik berharga yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan peluang Anda memperbaiki masalah di siklus berikutnya.

Mari kita bahas empat tahap ini secara lebih rinci satu per satu.

1. Plan (Rencana)

Langkah pertama dari siklus ini adalah pemilihan masalah atau peluang. Mungkin fitur dalam web Anda mematikan pelanggan, atau kampanye pemasaran Anda tidak mencapai hasil yang diinginkan.

Apapun masalahnya, Anda terlebih dahulu harus menilai situasi secara akurat dan memahami akar penyebab masalah.

Anda dapat menghasilkan solusi potensial setelah Anda melakukan ini dan kemudian memilih solusi yang paling menjanjikan. Carilah solusi dalam skala kecil – ingat solusi tersebut adalah peningkatan yang kecil, cepat, dan bertahap.

Anda harus menetapkan beberapa target atau sasaran terukur yang ingin Anda capai dari penerapan Siklus PDCA ini.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.