Siklus Reflektif Gibbs bag 3

Pada bagian ini kita sedikit membahas tentang kekurangan Teori ini lalu melanjutkan dalam sebuah contoh kasus.

Kekurangan

Kritik terhadap Siklus Reflektif Gibbs antara lain:

  • Ini adalah pendekatan reaktif untuk meningkatkan keahlian Anda.
  • Cara ini bisa menjadi refleksi yang dangkal karena tidak adanya referensi untuk berpikir kritis, referensi asumsi Anda, atau analisis situasi dari perspektif yang berbeda.
  • Di dalam prosesnya tidak mengajukan pertanyaan menyelidik yang mendalam?
  • Bisa jadi sulit bagi banyak orang untuk membuka diri dan mendiskusikan perasaan mereka.
  • Model ini berfungsi lebih baik dengan praktisi ahli atau pelatih yang membimbing Anda melalui prosesnya.

Contoh Penerapan Siklus Reflektif Gibbs

Dalam contoh ini, bayangkan Anda sedang menyampaikan presentasi kepada tim kepemimpinan senior perusahaan, dan ternyata tidak berjalan dengan baik. Dengan menggunakan model secara retrospektif, analisis Anda mungkin terlihat seperti ini:

Langkah 1: Deskripsi

Senin lalu saya memaparkan sebuah presentasi kepada dewan.

Tujuan dari presentasi tersebut adalah untuk memberikan update tentang kemajuan departemen saya pada kuartal sebelumnya.

Saya harusnya bisa menjawab berbagai pertanyaan dari tiga direktur tersebut, tapi semuanya malah berantakan!

Direktur keuangan mengajukan pertanyaan kepada saya tentang angka-angka yang tertulis di presentasi, dan saya malah bingung menjawabnya. Dia sudah tidak setuju dengan arah presentasi saya. Perdebatan pun terjadi, dan saya bahkan tidak menyelesaikan presentasi itu!

Langkah 2: Perasaan

Menjelang presentasi, saya merasa sangat gugup karena tidak setiap hari saya memberikan presentasi kepada tim pimpinan. Saya merasa panik ketika ditanya soal angka. Saya merasa semua data yang sudah ada di kepala mendadak hilang tidak berbekas ketika waktu habis.

Langkah 3: Evaluasi

Sisi positifnya, saya pernah mendengar dari atasan langsung bahwa hal semacam ini sering terjadi. Setelah itu, saya hanya merasa sedih karena saya telah membuat kekacauan dan sedikit jengkel dengan direktur keuangan.

Langkah 4: Analisis

Sebagai refleksi, saya seharusnya mengirimkan salinan presentasi kepada setiap anggota tim kepemimpinan sebelum presentasi. Saya juga harus menindaklanjutinya dengan mendatangi mereka satu per satu secara pribadi untuk memastikan tidak ada kesalahan fatal pada materi itu. Ini juga akan membantu menenangkan emosi saya saat sebelum presentasi.

Langkah 5: Kesimpulan

Merupakan hal yang wajar bahwa peristiwa seperti ini terjadi dan bukan akhir dari segalanya ketika mengalami kegagalan presentasi. Kabar baiknya adalah saya menemukan cara untuk maju demi hasil yang lebih baik di lain waktu.

Langkah 6: Rencana Aksi

Pertama, distribusikan presentasi kepada pemangku kepentingan utama terlebih dahulu.
Kedua, ketika mendapatkan tugas seperti ini lagi, saya akan ajak rekanyang mungkin nantinyya memiliki masalahyang sama. Ini juga akan berfungsi sebagai latihan saat melakukan presentasi.

Agar pengalaman Anda semakin berharga, cobalah untuk menerapkan langkah praktis yang ditawarkan oleh Siklus Reflektif Gibbs ini. sehingga Anda bisa meningkatkan kinerja dalam situasi serupa di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.