Motivasi dalam bekerja down Atasi dengan CARA iniKewajiban setiap orang yang sudah dewasa adalah bekerja, mencukupi kebutuhan keluarga. Tidak semua orang dilahirkan kaya. Tetapi dalam bekerja ini ada sebuah masalah klasik, yakni motivasi kerja turun. Mungkin awal mula bekerja motivasinya cukup baik, namun seiring waktu motivasi kerja turun hingga akhirnya produktivitas juga ikut menurun. Ini merupakan sebuah hal yang buruk untuk jangka panjang, yang terburuk seseorang bisa terkena PHK. Semangat dalam bekerja merupakan sesuatu yang terlihat sepele namun sesungguhnya benar-benar penting dan mempengaruhi masa depan pekerja tersebut. Mari baca selengkapnya.

Saat Anda bekerja namun tak disertai semangat tinggi bisa membuat pekerjaan yang sudah diproses pun menjadi sia-sia. Di mana hasil yang didapatkan kurang baik, perusahaan akan menganggap ini sebagai sebuah cacat. Motivasi ketika bekerja benar-benar penting, sebab dengan memiliki motivasi, selain produktivitas yang bagus, seseorang akan bekerja dengan sepenuh hati. Adapun jika Anda bingung mengenai bagaimana cara meningkatkan motivasi saat bekerja, bisa mencoba beberapa cara yang akan kami bagikan di bawah ini:

Cara meningkatkan motivasi ketika bekerja

Ingat Keluarga

Cobalah untuk mengingat keluarga di rumah, entah itu bagi Anda yang sudah memiliki keluarga sendiri, maupun Ibu/Ayah, tentunya ini bisa membantu dalam meningkatkan motivasi. Anda jangan sampai mengecewakan keluarga dengan bermalas-malasan kala bekerja. Apalagi jika istri Anda adalah seorang pekerja juga. Semangat dalam bekerja harus Anda buktikan, tidak hanya bagi perusahaan namun juga bagi keluarga yang menunggu di rumah. Selain itu, jika Anda bekerja dengan giat, anak-anak pun akan ikut meneladani Anda, siapa lagi teladan anak-anak jika bukan orang tua mereka?

Lalu bagaimana untuk Anda yang sudah bekerja namun belum berkeluarga atau belum menikah, Anda dapat membahagiakan orang tua dengan bekerja giat. Ini merupakan salah satu cara untuk berbakti pada orang tua juga, dan termasuk ibadah. Anda akan mendapatkan pahala yang besar asalkan bekerja dengan Halal dan semangat tinggi.

Hobby

Jangan memikirkan pekerjaan sebagai sebuah “Pekerjaan”, namun cobalah pikirkan pekerjaan sebagai sebuah “Hobby”. Dalam melakukan hobby, tentu Anda melakukannya tanpa terpaksa. Dengan bekerja tanpa terpaksa, maka Anda pun akan memiliki motivasi tinggi dalam menyelesaikannya, sehari-hari. Apalagi dengan bekerja berarti Anda juga dibayar, dengan kata lain hobby yang menyenangkan yakni hobby yang dibayar. Ini bukanlah sebuah kalimat kosong saja melainkan merupakan sebuah fakta. Apabila Anda menyelesaikan pekerjaan dengan penuh rasa cinta, maka pekerjaan sesulit apapun akan terasa mudah serta menyenangkan. Bahkan mungkin Anda akan kesal jika pekerjaan sudah selesai.

Dengan kata lain Anda sebaiknya jangan bekerja dengan pikirkan menyelesaikan kewajiban, atau Cuma untuk mencari uang. Sebab jika Anda hanya bertujuan mencari uang, kewajiban yang harus dilakukan pun akan menjadi serasa berat, walaupun itu sesungguhnya hanya ada dalam pikiran saja. Kondisi kala bekerja yang tak fun, tentu akan membuat motivasi kerja turun. Bahkan Anda ingin berhenti bekerja dan berleha-leha di rumah.

Miliki Target

Dengan bekerja, jangan lupa untuk menetapkan target juga. Apabila Anda memiliki target, maka Anda akan termotivasi untuk memenuhi target tersebut. Selain itu prestasi Anda akan ikut meningkat. Tidak menutup kemungkinan perusahaan akan memberikan reward atas target Anda yang selalu terpenuhi. Sekian artikel tentang motivasi kerja turun? Atasi dengan cara ini! Semoga bermanfaat.