Mendorong Karyawan untuk Mempelajari Keterampilan Baru

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan terjadinya pergeseran yang belum pernah dialami sebelumnya, yaitu penerapan kerja jarak jauh pada perusahaan di seluruh dunia. Kenyataan ini menciptakan beragam tantangan logistik bagi perusahaan dan permasalahan baru bagi banyak karyawan.

Sementara beberapa staf menikmati kebebasan, fleksibilitas, dan peningkatan porsi kerja jarak jauh dengan lebih banyak waktu luang, banyak juga yang mulai merasakan peningkatan beban pembatasan sosial yang diperkuat oleh fakta bahwa kesempatan bersosialisasi di luar pekerjaan juga semakin terbatas, karena lockdown  dan pembatasan kapasitas tempat hiburan umum.

Sementara pembatasan dan kebosanan karyawan serta hambatan logistik yang dihadapi oleh perusahaan tentu saja merupakan tantangan, kondisi ini juga memunculkan beberapa peluang bagi mereka yang mampu menemukan sisi positif dari situasi negatif ini.

Kondisi kerja jarak jauh dan berbagai pembatasan menyediakan lingkungan yang sempurna bagi karyawan  untuk belajar keterampilan baru. Bukan hanya keterampilan yang secara pribadi diminati, namun karyawan bisa mempelajari keterampilan yang pada kondisi seperti ini lebih dibutuhkan.

Tidak peduli seberapa baik perusahaan mempertahankan stabilitas dalam lingkungan saat ini, namun  tidak dapat memungkiri keadaan yang berubah. Beberapa keterampilan yang sekarang lebih dibutuhkan dari sebelumnya meliputi, manajemen waktu, kemahiran digital dan teknologi, komunikasi tertulis, keamanan cyber, dan kerja tim.

Untungnya, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu perusahaan memberikan pendidikan dan informasi tanpa harus membuatnya sendiri.

Memanfaatkan Sumber Daya yang Tersedia

Ada banyak sekali sumber daya yang tersedia bagi staf untuk mempelajari keterampilan baru ini. Beberapa perusahaan mengembangkan program pelatihan secara internal, tetapi ada banyak pilihan berbiaya rendah bahkan gratis, seperti YouTube.

Meskipun penting untuk memastikan bahwa materi pembelajaran yang ditawarkan selaras dengan misi, visi, nilai, kebijakan, dan prosedur organisasi, kemungkinan besar staf akan dapat menemukan materi yang dibutuhkan.

Menemukan Motivasi yang Tepat

Beberapa karyawan mungkin melihat mempelajari keterampilan baru sebagai pekerjaan tambahan tanpa kenaikan gaji, sementara yang lain melihatnya sebagai kesempatan untuk menjadikan diri mereka sebagai karyawan yang memiliki nilai lebih.

Menemukan motivasi yang tepat adalah bagian dari pekerjaan departemen pelatihan, manajemen SDM, dan jajaran pimpinan, tetapi berikut ada beberapa opsi yaitu menjadikan pengembangan keterampilan baru sebagai bagian dari variabel kinerja, menawarkan kompensasi untuk waktu yang dihabiskan demi mempelajari keterampilan baru, menawarkan penggantian uang pelatihan, atau sekadar memimpin dengan memberi contoh.

Dampak logistik, mental, dan emosional yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 terhadap perusahaan dan karyawan tentunya merupakan tantangan. Tetapi seiring datangnya tantangan, datang peluang yang menunggu untuk dimanfaatkan.

Dengan staf yang menghadapi tantangan baru dan keterbatasan fasilitas pengisi waktu luang, ini mungkin merupakan peluang besar bagi mereka untuk mempelajari beberapa keterampilan baru yang bermanfaat bagi perusahaan dan diri mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.