mempertahankan-karyawan-terbaikEmployee retention atau mempertahankan karyawan terbaik menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan. Tidak jarang pimpinan perusahaan yang mengeluhkan karyawan terbaiknya yang tiba-tiba pindah ke perusahaan lain yang berakibat terganggunya operasional perusahaan dan harus mencari pengganti, yang seringkali tidak mudah dilakukan.

Pindahnya karyawan ke perusahaan lain ini juga menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Investasi untuk diklat dan pengembangan telah dikeluarkan perusahaan disertai effort yang tinggi untuk membimbing karyawan, menjadi usaha yang sia-sia apabila tiba-tiba pindah ke perusahaan lain.

10 Alasan Karyawan Meninggalkan Perusahaan

  1. Untuk mendapatkan gaji dan kesejahteraan yang lebih baik di tempat lain.
  2. Kurangnya kesempatan untuk promosi
  3. Merasa dibayar secara tidak seimbang dibandingkan dengan perusahaan lain sejenis.
  4. Merasa dibayar tidak sesuai dengan kontribusi yang diberikan untuk perusahaan
  5. Ketidakpuasan terhadap tugas dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan
  6. Beban kerja terlalu berat.
  7. Tidak puas dengan pola kerja yang mengganggu keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan di luar pekerjaan (work-life balance).
  8. Konflik / masalah dengan atasan.
  9. Kurangnya pelatihan dan kesempatan pengembangan
  10. Merasa dipekerjakan tidak sesuai dengan kemampuannya.

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Mempertahankan Karyawan Kunci

Berikut 10 cara terbaik untuk mempertahankan karyawan:

  1. Memberika gaji dan kesejahteraan di atas pasar tenaga kerja. Biaya pegawai akan lebih tinggi, tapi dengan tingkat kepuasan yang tinggi produktifitas akan lebih baik.
  2. Memberikan lebih banyak kesempatan untuk insentif / bonus. Karyawan yang suka tantangan, berproduksi lebih tinggi diberikan ruang untuk berkontribusi lebih banyak.
  3. Biarkan karyawan tahu mereka penting untuk bisnis. Beri tanggung jawab yang spesifik dan keep mentoring.
  4. Buat flexitime / peluang telecommuting untuk memberi keleluasaan karyawan mengatur waktu secara efektif.
  5. Buat rencana suksesi untuk menggantikan karyawan terbaik untuk mengantisipasi apabila suatu saat pindah ke perusahaan lain
  6. Diskusikan dengan karyawan kunci peluang masa depan mereka dalam organisasi. Tampung aspirasinya, pikirkan bagaimana memenuhinya.
  7. Memberikan bonus uang tunai untuk mempertahankan karyawan kunci. Gunakan tolok ukur/KPI yang jelas.
  8. Menyediakan desain pekerjaan yang berarti dan memperkaya bagi karyawan kunci. Pahami karakter karyawan tersebut untuk menentukan tantangan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
  9. Menyediakan opsi untuk memiliki saham perusahaan untuk meningkatkan rasa memiliki perusahaan.
  10. Buat paket benefit yang kreatif, misalnya keanggotaan klub olahraga, kesenian, membentuk klub-klub minat, voucher hotel, dll untuk meningkatkan work-life balance.

Implementasi 10 cara terbaik untuk mempertahankan karyawan ini dapat dilakukan oleh perusahaan dengan teknis yang menyesuaikan dengan kemampuan perusahaan. K0nsistensi penerapannya akan mendongkrak produktifitas dan kinerja perusahaan.