Apakah Anda memiliki BHAG?

Istilah BHAG pertama kali diungkapkan oleh J Collins dan J Porras dalam sebuah artikel, “Building your Company’s Vision,” tahun 1996 dan kemudian dicuplik dalam buku mereka,”Built to Last.” BHAG adalah singkatan dari Big Hairy Audacious Goal. Secara konseptual bisa diartikan sebagai tujuan besar yang menarik. Ini adalah konsep yang digunakan bisnis untuk menciptakan visi jangka panjang yang visioner dan menarik secara emosional.

BHAG tidak sama dengan tujuan jangka pendek, juga tidak mirip dengan tujuan jangka panjang perusahaan, BHAG JAUH LEBIH BESAR! Jika tujuan organisasi yang khas adalah untuk meningkatkan pendapatan penjualan sebesar 25%, maka BHAG adalah merevolusi industri dan mengubah dunia, misalnya.

BHAG harus menarik, langsung dapat dipahami, dan memberi energi. Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk mencapai tujuan yang lebih kecil sebelum BHAG tercapai. Berikut adalah beberapa kualitas BHAG yang baik:

  • Harus memancing orang untuk bergerak dan memunculkan efek emosional. Jika tidak seperti itu maka tidak bisa disebut BHAG.
  • Seharusnya tidak jelas bagaimana mencapai BHAG dan seharusnya tidak berada di dekat zona nyaman Anda. BHAG memang mengasyikkan, tetapi tampaknya juga dibutuhkan upaya yang sangat besar untuk mencapainya.
  • Tidak seperti target organisasi jangka panjang biasa yang ditetapkan dalam jangka waktu 5 tahun atau kurang, BHAG benar-benar jangka panjang yang ditentukan dalam jangka waktu 10-30 tahun.
  • BHAG harus menggairahkan sejak awal kemunculannya. Jika tim kepemimpinan perusahaan berganti dengan BHAG yang belum terwujud, BHAG harus tetap menginspirasi semua orang untuk mencapainya.
  • BHAG harus diselaraskan dengan nilai-nilai utama organisasi.

BHAG tidak hanya cocok untuk bisnis saja, tetapi juga cocok digunakan untuk individu. Jika Anda seorang manajer proyek dan ingin menjadi manajer program, maka itu bukan BHAG, itu tujuan jangka pendek atau menengah. Ingat, BHAG itu sesuatu yang BESAR! Anda dapat menggunakan BHAG ketika Anda ingin menetapkan visi tentang bagaimana Anda ingin mengubah hidup secara radikal menjadi lebih baik. BHAG dapat berlaku untuk kehidupan pribadi atau karier Anda. Karena BHAG yang sesungguhnya sangat besar, itu akan mempengaruhi kehidupan pribadi dan karier.

Berikut adalah beberapa contoh BHAG bagi perusahaan sebagai bahan perenungan Anda:

  • Google: mengindeks semua informasi digital online yang tersebar di mana-mana dan membuatnya dapat diakses secara instan oleh siapa saja, di mana saja.
  • Nokia: untuk pertama kalinya memperkenalkan lebih dari 1 miliar orang ke Internet di pasar negara berkembang.
  • Nike: Hancurkan Adidas.

Seperti yang dapat Anda lihat dari contoh di atas, BHAG adalah tujuan besar, namun sederhana dan langsung pada intinya.
Tidak ada cara yang benar atau salah dalam membuat BHAG, lihat saja BHAG Nike – “hancurkan Adidas”.

Visi yang berani merangsang langkah yang berani, dan inilah inti dari BHAG. Visi ini mendorong Anda menetapkan pandangan yang tinggi dan tidak hanya puas dengan apa yang Anda miliki saat ini. Konsep penetapan visi ini dapat berlaku untuk individu dan juga bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.