Keuntungan Menggunakan Pemasaran Media Sosial bagi Bisnis Anda (4)

Jaringan media sosial saat ini merupakan bagian penting setiap strategi pemasaran di banyak organisasi, manfaat pemakaian media sosial begitu besar sehingga siapa saja yang tidak memanfaatkan sumber daya berbiaya murah ini kehilangan peluang pemasaran yang signifikan. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan media sosial bagi pemasaran bisnis Anda.

Peningkatan Loyalitas Merek

Salah satu tujuan mayoritas bisnis adalah membangun basis pelanggan yang loyal. Karena kepuasan pelanggan dan loyalitas merek biasanya saling terkait, penting untuk secara teratur terlibat dengan konsumen dan mulai mengembangkan ikatan dengan mereka. Media sosial tidak hanya sebatas memperkenalkan produk dan kampanye promosi merk Anda. Pelanggan melihat platform ini sebagai saluran layanan di mana mereka dapat berkomunikasi langsung dengan perusahaan.
Generasi milenial merupakan golongan pelanggan yang memiliki loyalitas tingi terhadap merek. Lahir antara awal 1980-an dan awal 2000-an, generasi milenium adalah generasi terbesar di masa sekarang — dan akan segera menguasai pasar sepenuhnya. Studi menunjukkan bahwa segmen pelanggan ini 62% lebih loyal kepada merek yang berinteraksi langsung dengan pelanggan di media sosial. Karena generasi ini memerlukan komunikasi dengan merek yang mereka gunakan, bisnis harus menerapkan pemasaran media sosial demi mendapatkan perhatian dari generasi yang saat ini paling mempengaruhi pasar itu.

Lebih Banyak Otoritas Merek

Kepuasan pelanggan dan loyalitas merek sama-sama berperan dalam membuat bisnis Anda lebih berwibawa, tetapi semuanya bermuara pada komunikasi. Ketika konsumen melihat posting perusahaan Anda di media sosial, terutama membalas pelanggan dan memposting konten orisinil, itu membuat merk tampil lebih kredibel. Berinteraksi secara teratur dengan pelanggan menunjukkan bahwa bisnis Anda peduli dengan kepuasan pelanggan, dan selalu siap sedia menjawab semua pertanyaan yang mungkin mereka miliki. Pelanggan yang puas sangat ingin berbagi berita tentang produk atau layanan yang istimewa dan mereka biasanya menggunakan media sosial untuk mengungkapkan kepuasan tersebut. Memiliki pelanggan yang suka rela menyebutkan bisnis Anda di media sosial berarti sama saja dengan mengiklankan bisnis Anda. Hal ini juga menunjukkan kepada pengunjung yang lain tentang nilai dan otoritas merek Anda. Jadi setelah Anda mendapatkan beberapa pelanggan yang puas dan ternyata vokal mengenai pengalaman pembelian positif mereka, Anda telah mendapatkan iklan bagi merk Anda dari pelanggan di dunia nyata yang menikmati produk atau layanan tersebut.

Hemat Biaya

Pemasaran media sosial mungkin merupakan bagian yang paling hemat biaya dari seluruh strategi periklanan. Mendaftar dan membuat profil gratis untuk hampir semua platform jejaring sosial, dan setiap promosi berbayar yang Anda putuskan untuk diinvestasikan adalah biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan taktik pemasaran lainnya. Penghematan biaya adalah suatu keuntungan karena Anda dapat melihat laba atas investasi yang lebih besar dan mempertahankan anggaran yang lebih besar untuk biaya pemasaran dan bisnis lainnya. Bila Anda menggunakan iklan berbayar di media sosial, mulailah dari yang terkecil untuk melihat apa yang Anda harapkan. Saat Anda merasa lebih nyaman, sesuaikan strategi Anda dan coba tingkatkan anggaran Anda. Hanya dengan menghabiskan sedikit waktu dan uang, Anda dapat secara signifikan meningkatkan tingkat konversi Anda dan pada akhirnya mendapatkan laba atas investasi atas uang yang Anda investasikan di awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.