Strategi Blue Ocean 1

Sebagian besar konsep strategi bisnis yang umum kita jumpai berfokus pada bagaimana mendapatkan keuntungan lebih besar dengan produk atau jasa yang relatif sama dibandingkan pesaing. Ada pula strategi bisnis yang berfokus pada bagaimana perusahan kita dapat meningkatkan berbagai hal yang selama ini biasa dilakukan agar jadi lebih baik jika dibandingkan dengan pesaing. Strategi Blue Ocean berbeda dari kebanyakan strategi tersebut.

Strategi blue ocean bergerak pada tahap pengembangan produk dan banyak memusatkan perhatian pada pembuatan pasar baru. 

Ketika menggunakan strategi blue ocean organisasi kita tidak terfokus pada usaha menjadi lebih baik daripada pesaing atau mencoba mengalahkan pesaing tersebut. Dalam hal ini organisasi berfokus untuk menmbuat suatu kondisi yang mana kompetisi tidak lagi penting bagi bisnisnya. Dengan demikian, strategi blue ocean didefinisikan sebagai suatu kondisi pasar yang tidak terdapat pesaing. Kondisi ketika bisnis mencoba memunculkan kebutuhan baru atau ketika bisnis mencoba memenuhi kebutuhan yang baru saja muncul di pasar.

Strategi blue ocean bertujuan untuk mengedepankan pemikiran inovatif, karena organisasi tidak lagi menggunakan pesaing sebagai tolok ukur kinerjanya. Organisasi berkonsentrasi pada usaha menemukan pasar dan peluang baru di luar batas pasar yang ada saat ini. Organisasi memilih untuk  membuka pasar baru daripada harus berhadapan langsung dengan pesaing terdekat di pasar yang sama. Sedangkan istilah ‘Red Ocean’ sering digunakan untuk merujuk pada strategi bersaing di pasar yang sudah terbentuk dengan sejumlah pesaing yang ada di dalamnya. Jika Anda ingin membayangkan, red ocean adalah semua industri yang ada saat ini. 

Jika langkah organisasi terfokus pada bagaimana cara mengalahkan kompetitor sebagai bagian dari pengembangan strategi, maka dengan sendirinya itu akan menuntun organisasi ke arah penggunaan strategi red ocean. Pemilihan strategi blue ocean harus dari inisiatif organissasi. Manajemen senior harus dengan sengaja mengarahkan organisasi ke arah yang tepat untuk menghindari strategi red ocean dan tidak berusaha mengalahkan kompetitor. Hasil yang diinginkan dari pemikiran strategi Blue Ocean adalah kurva nilai yang sama sekali baru, sebagai hasil dari peluncuran produk yang sama sekali baru atau menemukan ceruk baru di pasar yang ada.

Bagaimana cara menggunakan strategi Blue Ocean? 

Strategi blue ocean bukanlah serangkaian langkah praktis dan pasti yang dapat diikuti, maka dari itu strategi ini tidak mudah diimplementasikan. Ini merupakan konsep yang dapat diingat untuk membantu memfokuskan upaya ketika perusahaan sedang menjalankan strategi blue ocean. 

Salah satu cara untuk memulai adalah dengan menjawab empat pertanyaan berikut:

  • Manakah dari sejumlah masalah khas dari industri yang harus kita hilangkan?
  • Manakah aspek industri yang jauh di bawah standar yang harus kita kurangi?
  • Manakah aspek industri yang jauh di atas standar yang harus kita promosikan?
  • Adakah kita mampu menawarkan sesuatu yang selama ini tidak pernah ditawarkan oleh industri?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.