Cara Terbaik untuk Menerapkan Filosofi Kaizen dalam Kehidupan Pribadi Anda (4)

Banyak perusahaan mengadopsi filosofi Kaizen dengan mengikuti Sistem 5S yang mencontoh dari Sistem Produksi Toyota. Berikut adalah kelanjutan dari penjelasan sistem ini.

Seiton: Mengatur tempat kerja dan Rumah

Keterampilan mengorganisasi berjalan seiring dengan produktivitas dan efisiensi. Anda mempelajari hal ini dengan cara yang menyusahkan ketika Anda kelupaan di mana menaruh laporan penting karena berbagai dokumen, bekas bungkus snack, dan cangkir kopi kosong berantakan di atas meja Anda. Atau ketika Anda kehilangan hadiah karena Anda tidak sengaja membuangnya bersama tumpukan sampah Anda yang lain!

Hidup ini berantakan, tetapi pekerjaan dan rumah Anda seharusnya tidak perlu mengikutinya. Anda bisa membuang benda-benda yang tidak ‘memicu kegembiraan’ dalam hidup. Banyak ahli kesehatan merekomendasikan membersihkan tempat kerja agar meningkatkan fokus mental. Itu bisa memunculkan lebih banyak kreativitas dan konsentrasi setiap kali Anda mulai bekerja.

Seiso: Memilih Gaya Hidup yang Lebih Sehat

Seiso (atau kebersihan) dapat membantu Anda menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang ideal. Gunakan metode ini untuk menghilangkan kebiasaan tidak sehat dan aktivitas yang melelahkan mental. Ganti gaya hidup yang kurang menyehatkan dengan gaya hidup yang lebih bermakna dan berharga yang membersihkan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda.

Ini bisa berupa aktifitas yang sederhana seperti: bermeditasi sebagai relaksasi setelah bekerja, menyegarkan diri setiap pagi, membuat pilihan makanan sehat untuk meningkatkan kesehatan usus, atau melakukan peregangan untuk kesehatan mental dan fisik.

Seiketsu: Tetapkan Standar Tinggi

Menerapkan filosofi Kaizen dalam kehidupan pribadi sering kali berarti mengembangkan standar. Misalnya menghindari pertemanan toxic yang menghambat kemajuan Anda. Begitu Anda mulai memutuskan ikatan ini, Anda memberi ruang untuk hubungan yang bermakna dan hobi yang merangsang pikiran. Menghabiskan waktu berkualitas dengan sistem pendukung yang sesuai bagi Anda akan meningkatkan semangat dan suasana hati. Manfaat ini akan tercermin dalam pekerjaan Anda dan juga bermanfaat bagi kesehatan juga.

Shitsuke: Pertahankan Disiplin untuk Peningkatan Berkelanjutan

Terakhir, singkirkan kebiasaan terburuk dari semua kebiasaan buruk, yaitu penundaan.

Penundaan adalah bentuk ‘melukai diri sendiri’ yang tumbuh subur dengan alasan malas dan suasana hati sedang tidak mendukung. Jika Anda sering menjadi mangsa omelan diri sendiri dan pemikiran negatif, Anda tidak akan pernah berani mengambil risiko. Anda juga akan melupakan berbagai rencana yang telah Anda susun karena Anda memberi jalan kepada pikiran-pikiran irasional itu. Tanpa disadari, Anda telah membangun rintangan yang sukar ditembus yang menghentikan Anda mencapai kesuksesan.

penutup

Kaizen mengajarkan Anda untuk mendisiplinkan diri sendiri dengan hidup di masa sekarang. Ini mendorong orang untuk memvisualisasikan tujuan yang dapat dicapai dan menetapkan beberapa target kecil untuk mempertahankan motivasi. Seiring waktu, tujuan yang Anda inginkan akan semakin dekat sampai Anda mencapai garis finish.

Perbaiki hidup Anda momen demi momen dan prioritaskan produktivitas daripada kepuasan instan. Kebiasaan-kebiasaan ini memastikan bahwa kita terus melanjutkan kemajuan dengan langkah-langkah kecil yang efisien alih-alih kehilangan arah ketika menetapkan tujuan yang terlalu jauh tanpa terukur.

Semoga Anda menemukan kenyamanan dan kepuasan yang sama dengan melihat dunia dengan cara Kaizen yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.