Analisis Kesenjangan (1)

Bayangkan Anda sedang mendaki perbukitan dan menyusuri jalan setapak. Ketika Anda tiba di sebuah persimpangan yang bercabang tiga, Arah mana yang harus Anda ambil? Yah, itu tergantung akan ke mana Anda ingin pergi. Berbekal pengetahuan tentang ke mana Anda akan pergi, menjadi lebih mudah untuk menentukan langkah-langkah penting yang perlu Anda ambil untuk mencapai tujuan akhir Anda, termasuk persimpangan mana yang harus diambil saat ini.

Pengertian

Analisis Kesenjangan adalah sebuah metode sederhana yang digunakan oleh organisasi untuk meningkatkan kinerjanya.

Penjelasan sederhana tentang pendakian barusan adalah dasar yang sama seperti halnya bagaimana Analisis Kesenjangan bekerja. Analisis Kesenjangan dapat membantu organisasi untuk memahami di mana ia ingin berada, kesenjangan antara di mana ia berada sekarang dan di mana ia ingin berada, dan kemudian, langkah-langkah apa yang harus diambil untuk menutup kesenjangan tersebut.

Untuk beralih dari keadaan kita saat ini ke keadaan yang kita inginkan, tentunya akan ada sejumlah langkah penting yang perlu kita ambil untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Dari sini kita akan membuat rencana aksi yang menguraikan tindakan tepat yang akan kita ambil untuk mencapai setiap langkah sehingga pada akhirnya kita bisa menutupnya.

Info Tambahan

Analisis Kesenjangan adalah sebuah metode umum dan karena itu dapat digunakan pada beberapa keperluan yang berbeda, misalnya, pada tingkat organisasi, sebagai bagian dari manajemen proyek, atau untuk pengembangan strategi. Analisis Kesenjangan akan sering berfokus pada satu atau lebih perspektif, seperti contoh berikut:

  • Organisasi: misalnya, mencari keahlian atau peran apa yang hilang atau kurang?
  • Arah bisnis: misalnya, apakah terdapat celah dalam produk kita atau terdapat celah di pasar yang tidak kita layani?
  • Proses Bisnis: misalnya, dapatkah cara kita melakukan sesuatu menjadi lebih efisien?
  • Teknologi: misalnya, apakah ada sistem yang kita lewatkan, atau adakah ketidakcocokan antar sistem?

Proses Analisis Kesenjangan

Ada banyak metode yang sangat mirip untuk melakukan Analisis kesenjangan. Proses yang kami sajikan dalam artikel ini terdiri dari 5 langkah:

1. Jelaskan Area Umum

Dalam langkah ini kita menjelaskan bidang umum yang ingin kita analisis dan tingkatkan. Ini mungkin tampak seperti langkah yang tidak perlu, tetapi dengan melakukan ini, kita tidak hanya menyoroti area umum apa yang sedang diselidiki, tetapi juga area apa yang tidak diselidiki.

Ini membantu membuat kelanjutan analisis tetap fokus. Misalnya, kita mungkin memutuskan untuk menganalisis upaya pemasaran online. Ini berarti kita tidak menyelidiki iklan offline seperti media cetak dan TV. Dengan membuat kejelasan tentang siapa kita, dan apa yang tidak kita selidiki, kita membuat semua orang yang terlibat memiliki definisi dan sudut pandang yang sama.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.