Membaca dan Memahami Laporan Arus Kas 1

Siapapun Anda, baik itu seorang profesional, pemilik bisnis, pengusaha, atau investor, mengetahui cara membaca dan memahami laporan arus kas dapat memungkinkan Anda menggali data penting tentang kesehatan keuangan perusahaan.

Bagi seorang investor, informasi ini dapat membantunya lebih memahami apakah ia harus berinvestasi di sebuah perusahaan. Bagi seorang pemilik bisnis atau pengusaha, ini dapat membantu untuk memahami kinerja bisnis dan menyesuaikan program kerja atau strategi utama bisnis. Bagi seorang manajer, ini dapat membantu untuk mengelola anggaran dengan lebih efektif, mengawasi tim di bawah tanggung jawabnya, dan mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan kepemimpinan—yang pada akhirnya memungkinkan untuk memainkan peran yang lebih besar dalam organisasi.

Tidak semua orang memiliki keahlian keuangan atau akuntansi. Bagi seorang profesional non-keuangan, memahami konsep di balik laporan arus kas atau dokumen keuangan lainnya merupakan tantangan tersendiri.

Untuk memudahkan pemahaman mengenai laporan arus kas, inilah berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang cara membaca dan memahami laporan arus kas.

Apa itu laporan arus kas?

Tujuan dari laporan arus kas adalah untuk memberikan gambaran rinci tentang apa yang terjadi pada kas perusahaan selama waktu tertentu. Jangka waktu itu biasa dikenal sebagai periode akuntansi. Laporan ini menunjukkan kemampuan organisasi untuk beroperasi dalam jangka pendek dan panjang, berdasarkan berapa banyak uang tunai yang mengalir masuk dan keluar dari bisnis.

Laporan arus kas biasanya dibagi menjadi tiga bagian:

Kegiatan operasi. Aktivitas operasi ini merinci arus kas yang terjadi selama perusahaan memproduksi barang atau jasanya, baik itu berupa pendapatan dan pengeluaran. 

Kegiatan investasi. Aktivitas investasi ini mencakup arus kas dari pembelian atau penjualan aset — misalkan properti fisik, seperti real estat atau kendaraan, dan properti non-fisik, seperti paten — penggunaan uang tunai berkenaan dengan hak intelektual. 

Kegiatan pembiayaan. Disebut pula aktivitas pendanaan yang di dalamnya merinci arus kas dari pendanaan utang dan ekuitas.

Berdasarkan laporan arus kas, Anda dapat melihat berapa banyak uang tunai yang dihasilkan oleh berbagai jenis aktivitas di atas, kemudian membuat keputusan bisnis berdasarkan analisis laporan keuangan Anda .

Idealnya, kas perusahaan dari pendapatan operasional harus secara rutin melebihi laba bersihnya, karena arus kas positif menunjukkan kemampuan perusahaan untuk terus mampu bertahan dan mengembangkan operasinya.

Penting untuk dicatat bahwa arus kas berbeda dari laba , itulah sebabnya laporan arus kas sering dianalisa bersama dengan dokumen keuangan lainnya, seperti neracadan laporan laba rugi.

Bagaimana Arus Kas Dihitung

Sekarang setelah Anda memahami apa yang terdiri dari laporan arus kas dan mengapa itu penting untuk analisis keuangan, berikut adalah dua metode umum yang digunakan untuk menghitung dan menyusun bagian aktivitas operasi dari laporan arus kas.

Metode Langsung Laporan Arus Kas

Metode pertama yang digunakan untuk menghitung bagian operasi disebut metode langsung , yang didasarkan pada informasi transaksional yang mempengaruhi kas selama periode tersebut. Untuk menghitung bagian operasi menggunakan metode langsung, yaitu menjumlah semua penerimaan kas dari aktivitas operasi, dan menguranginya dengan semua pengeluaran kas dari aktivitas operasi.

Pembahasan metode berikutnya dan hal lainnya akan kami bahas di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.