PEST2

Lebih Lanjut Mengenai Analisis PEST

Pada tulisan sebelumnya, kita telah membahas analisis manajemen strategis dari faktor eksternal organisasi yang dibagi dalam 4 bidang. Bidang itu antara lain: politik, ekonomi, sosial dan teknologi.

Berikutnya terdapat beberapa faktor yaang lain. Kemudian dari semua faktor itu, kita akan coba untuk lebih mendalaminya.

 Faktor lain

Analisis serupa dan terkait, yang disebut PESTLE, mencakup dua faktor lagi: Legal (Hukum) dan Environment (Lingkungan). 

Untuk faktor hukum, perusahaan harus mengkaji bagaimana perubahan dan interpretasi hukum dapat berdampak pada perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung. Organisasi bisa memasukkan perubahan hukum, konflik hukum global dan keputusan Mahkamah Agung dalam bagian analisis ini. 

Sekilas faktor hukum dan politik seolah terdapat tumpang tindih, sebab dalam pelaksanaannya permasalahan hukum sering kali dipengaruhi kondisi politik di sebuah wilayah hukum. Terkadang sebuah aturan bisa mengalami perubahan, baik itu secara penafsiran atau dalam teksnya, karena terjadinya perubahan pimpinan politik. Pada perusahaan multinasional, ia akan menghadapi kondisi hukum yang berbeda-beda saat ia akan membuka perwakilan di beberapa negara.

Untuk bagian analisis lingkungan, organisasi perlu melihat evolusi dan peraturan lingkungan untuk menentukan bagaimana mereka dapat berdampak pada bisnis. Perhatikan dengan seksama peraturan dan larangan ekologi. Bahkan pada organisasi tertentu, seperti pengelola kebun binatang, taman raya, dan industri perikanan, perlu mengamati aturan tentang spesies yang terancam punah. Seperti adanya pembatasan jenis spesies tertentu yang bisa diekspor karena alasan keterbatasan populasi atau kebijakan pengembangbiakan khusus.

Setiap faktor, yaitu PEST dan LE, harus diukur dengan tingkatan berikut:

  • Potensi dampak: rendah, sedang atau tinggi
  • Kerangka waktu: langsung, jangka pendek atau panjang
  • Jenis: positif atau negatif
  • Arah dampak: naik atau turun
  • Kepentingan Relatif: tinggi, sedang atau rendah

Manfaat analisis PEST

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari melakukan analisis PEST, yang dapat menghasilkan keuntungan bagi bisnis. Manfaat yang signifikan meliputi:

  • Pemahaman yang lebih baik tentang perusahaan
  • Perencanaan strategis jangka panjang yang lebih efektif
  • Perhatian yang lebih tinggi terhadap potensi ancaman dan bahaya
  • Wawasan untuk peluang bisnis yang berharga

Batasan

Meskipun perusahaan sudah menganalisis semua faktor, ada kemungkinan itu semua bisa berubah dalam satu jam atau hari karena sifatnya yang dinamis. Beberapa faktor didasarkan pada asumsi, jadi mungkin tidak akurat. Karena data yang dikumpulkan sangat besar, organisasi perlu memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan hati-hati. Karena dari sumber eksternal, data itu kurang meyakinkan jika ditinjau dari tingkat ketepatannya.

Agar analisis PEST benar-benar optimal, analisis tersebut harus digunakan bersama dengan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman), MOST (misi, tujuan, strategi, taktik) atau SCRS (strategi, kondisi saat ini, persyaratan, solusi) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.