Menyusun Sistem Penggajian

Menyusun sistem penggajian yang adil dan kompetitif sangat penting untuk mempertahankan SDM terbaik. Suatu kesalahan mendasar dalam sistem penggajian adalah pada saat karyawan tidak mengetahui gaji yang diterima oleh karyawan lain. Hal ini menyulitkan untuk membandingkan bahwa kerja keras yang dilakukan dibayar lebih baik dari pada karyawan lain dengan kinerja yang rata-rata atau kurang.

Apabila karyawan merasa ada perbedaan yang signifikan antara gaji yang diterima dengan gaji yang diterima oleh karyawan lain dengan pekerjaan yang sama, maka ketidakpuasan akan muncul dan memicu tingkat turn over yang tinggi di perusahaan.

Sistem penggajian dan pengupahan memiliki banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Beberapa langkah penting dalam membuat sistim penggajian karyawan yang baik sebagai berikut:

  • Strategi Kompensasi

Filosofi dasar dalam penggajian adalah membandingkan dengan market atau gaji standar yang berlaku umum di pasar. Tentunya lebih baik membandingkan dengan industry sejenis. Pilihan strateginya adalah apakah anda akan membayar karyawan dengan gaji di atas rata-rata pasar, standar, atau di bawah rata-rata pasar?

  • Uraian Tugas (job description)

Tidak perlu uraian tugas yang kompleks. Paling tidak menggambarkan tugas dan tanggung jawab utama pada jabatan tersebut sehingga dapat dibandingkan dengan gaji pada market.

  • Struktur Gaji Formal

Sebagai orang yang ahli dalam mengelola penggajian, anda harus dapat menunjukkan dasar formal dari suatu sistem penggajian yang berlaku di perusahaan. Beberapa alternative yang dapat digunakan adalah dasar jenjang dalam struktur dalam organisasi.

Sesorang dengan jabatan yang lebih tinggi dipastikan memiliki gaji pokok yang lebih tinggi. Perusahaan dapat juga membedakan penghasilan dari tingkat produktifitas, misalnya berdasarkan jumlah barang yang diproduksi, atau klien yang didapatkan.

Adanya struktur gaji yang formal ini memudahkan bagi manajemen untuk menjelaskan kepada karyawan dan membuat iklim kerja menjadi lebih transparan bagi seluruh karyawan.

  • Survey

Lakukan survey secara berkala setiap tahun untuk melihat posisi perusahaan dibandingkan dengan perusahaan sejenis. Anda dapat Ikuti salary survey yang dilakukan pihak lain.

Cek posisi perusahaan anda dan tentukan apakah anda akan menggaji karyawan lebih tinggi, setara, atau lebih rendah untuk posisi-posisi tertentu. Bisa jadi, untuk jabatan-jabatan administratif anda memutuskan untuk menggaji lebih rendah, tetapi untuk yang bersifat strategis anda menggaji lebih tinggi. Tentukan gaji yang pantas untuk karyawan anda.

  • Insentif Plan

Insentif adalah penghasilan tambahan di luar pendapatan tetap. Insentif diberikan pada umumya karena adanya kelebihan produksi atau ukuran kinerja lain.

Sistem penggajian dan pengupahan yang mengakomodasi adanya insentif sebaiknya membuat kriteria dan ukuran-ukuran yang jelas bentuk kinerja apa yang diberikan insentif. Kriteria ini juga harus disampaikan secara terbuka kepada seluruh karyawan agar memotivasi karyawan untuk lebih produktif.

Cara menyusun sistem penggajian yang adil dan kompetitif dapat dikembangkan lebih teknis di perusahaan menyesuaikan dengan karakter dan kondisi bisnis perusahaan.`