Apakah yang Dimaksud dengan Program?

Jika Anda adalah seorang Manajer Program, maka ini mungkin saja pertanyaan yang akan diajukan oleh keluarga, saudara, atau teman yang berbeda profesi.

Namun, jika Anda baru mengenal manajemen program atau baru memasuki dunia karir, mungkin saja muncul pertanyaan  di benak Anda, apa sebenarnya Program dalam konteks suatu perusahaan, dan kami harap artikel ini bisa menjawabnya.

Program dalam konteks organisasi perusahaan didefinisikan sebagai “Sekumpulan proyek yang saling terkait yang dikelola dengan cara yang terkoordinasi demi mendapatkan manfaat dan kendali penuh yang mana itu tidak bisa dilakukan apabila dikelola secara individual”.

Definisi ini akan sangat masuk akal jika Anda adalah Manajer Program yang berpengalaman; namun, bagi seseorang yang baru mengenal manajemen program mungkin penjelasan itu kurang mewakili. Jadi mari kita lihat suatu contoh program khayalan untuk bisa melihat manfaat program, apa itu program, dan apa yang dilakukan manajer program.

Anggap saja terdapat sebuah bank nasional yang sudah memiliki beberapa cabang di negara lain yang ingin meluncurkan kartu debit baru, yang untuk contoh ini kita beri nama Kartu Nusantara.

Coba bayangkan apa saja yang harus dilakukan bank tersebut agar peluncuran  dan penggunaan kartu ini sukses? Dalam artian kartu ini tidak hanya heboh saat peluncuran, tapi juga dimanfaatkan secara luas oleh para nasabah.

  • Kartu Nusantara harus diproduksi dan dikirim ke para nasabah sesuai permintaan.
  • Sistem teknologi informasi bank perlu diubah untuk menangani kartu itu.
  • Kampanye pemasaran perlu dilakukan untuk menarik nasabah baru. Ini bisa melibatkan iklan TV, iklan surat kabar, iklan di media sosial, dan bahkan menyewa jasa influencer. Jika Kartu Nusantara akan diluncurkan di beberapa negara maka sudah bisa terbayang bagaimana kampanye pemasaran bisa menjadi semakin kompleks. Kampanye yang berbeda pastinya diperlukan di negara yang berbeda untuk memperhitungkan budaya yang berbeda pula. Penggunaan nama kartu bisa saja memerlukan modifikasi.
  • Divisi Hukum akan diminta untuk memberi masukan tentang masalah Hukum, dan merumuskan Syarat dan Ketentuan yang diperlukan. Lagi-lagi hal ini bisa menjadi rumit jika ingin meluncurkan program ini di beberapa negara.
  • Pelayanan Pelanggan perlu dilatih demi mendukung peluncuran kartu ini.
  • Staf Dukungan Teknis perlu dilatih, agar siap ketika kartu ini diluncurkan. Mereka diperlukan untuk menangani masalah prosedur teknis pada akun pengguna secara online.
  • Manajemen Sistem informasi harus siap untuk mengukur keberhasilan kartu ini.
  • Jika kartu tersebut akan diluncurkan di beberapa negara, maka beberapa keperluan logistik juga harus disiapkan.
  • Bank memiliki cabang fisik, maka staf di kantor cabang perlu dilatih untuk menjual dan memberikan saran tentang kartu baru.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang perlu dilakukan demi keberhasilan peluncuran Kartu ini.

Bayangkan kekacauan yang akan terjadi jika berbagai aktifitas yang dilakukan oleh berbagai tim ini tidak kita koordinasikan. Sebuah program akan mengoordinasikan semua aktifitas dan tim yang terlibat agar peluncuran kartu Nusantara berhasil. Manajer Program adalah orang yang akan mengelola koordinasi berbagai tim di atas demi memastikan kesuksesan sebuah program. 

Demikian kami harap artikel ini membantu Anda memahami dengan tepat apa itu program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.