Gaya Kepemimpinan Afiliasi (bag 1)

Terdapat beberapa pendekatan dalam hal kepemimpinan di suatu organisasi, termasuk diantaranya yang mengutamakan individu. Seorang manajer yang memiliki kecenderungan menggunaakan pendekatan yang mengutamakan orang dan keharmonisan disebut menggunakan gaya kepemimpinan afiliatif. Pencapaian tujuan bukan satu-satunya indikasi kesuksesan, memastikan kepuasan tim juga memainkan bagian yang sangat penting. Gaya kepemimpinan afiliatif berfokus pada menjaga kebahagiaan karyawan dan mempertahankan tempat kerja yang harmonis dan budaya kerja untuk menginspirasi loyalitas dalam tim.

Kita akan membahas definisi gaya kepemimpinan afiliatif dan beberapa contoh kepemimpinan afiliatif untuk menyoroti mengapa manajer dapat mempertimbangkan penciptaan keharmonisan dalam hal mengelola dan memimpin tim.

Pada artikel ini kita akan membahas Makna Kepemimpinan Afiliasi, Karakteristik Gaya Kemimpinan Afiliasi, Kelebihan Gaya Kepemimpinan Afiliasi, Kekurangan Gaya Kepemimpinan Afiliasi, dan Contoh Kepemimpinan Afiliasi.

Makna Kepemimpinan Afiliasi

Kepemimpinan afiliatif adalah gaya kepemimpinan yang berfokus sepenuhnya pada orang dan kualitas hubungan. Kepemimpinan ini berkaitan dengan penciptaan ikatan sosial dan emosional pada setiap anggota tim. Mengadopsi pendekatan yang mengutamakan manusia dapat membantu menciptakan dan mempertahankan lingkungan tempat kerja yang damai.

Para pemimpin afiliatif mempunyai rasa peduli, memelihara, dan mengelola emosi anggota tim mereka. Kepemimpinan afiliatif menginspirasi kebersamaan, kerja tim, dan rasa kebahagiaan, serta keharmonisan.

Pemimpin afiliatif menghargai umpan balik positif yang berkelanjutan. Ucapkan selamat tinggal pada kebiasaan umpan balik yang hanya didapatkan karyawan selama tinjauan kinerja tahunan. Tidak ada lagi kurangnya komunikasi formal dan informal antara karyawan dan manajer. Definisi kepemimpinan afiliatif menginformasikan kepada kita bahwa kepemimpinan modern adalah tentang bagaimana karyawan selalu menyadari bahwa dirinya merupakan bagian yang berharga bagi tim.

Karakteristik Gaya Kepemimpinan Afiliasi

Mari kita bahas ciri-ciri gaya kepemimpinan afiliatif:

Prioritas utama para pemimpin afiliasi adalah orang. Mereka menghargai individu dan tim. Para pimpinan juga menghormati emosi dan kebutuhan anak buahnya. Ikatan yang kuat dengan anggota tim dan kepemilikan rasa loyal yang kuat memastikan peluang terciptanya kinerja yang sempurna

Pemimpin afiliatif memiliki nilai moral yang kuat dan dengan ketat mencegah perilaku tidak etis. Contoh gaya kepemimpinan afiliatif menunjukkan bahwa fokus pada moralitas adalah alasan mengapa pemimpin afiliatif menunjukkan empati terhadap anggota tim, yang seringkali tidak dimiliki oleh gaya kepemimpinan lainnya.

Pemimpin afiliatif menggunakan komunikasi positif dan teratur sebagai alat untuk menjaga semangat tim tetap tinggi dan meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan

Contoh gaya kepemimpinan afiliatif telah menunjukkan bagaimana komunikasi dan kepercayaan tingkat tinggi serta menghindari aturan dan kebijakan yang kaku membawa fleksibilitas yang lebih besar ketika menangani situasi yang berubah

Landasan kepemimpinan afiliatif adalah penegakan nilai moral yang kuat dan fokus yang kuat pada orang.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.