Leadership vs followership, mana yang lebih penting? Leadership dan followership bagaikan 2 sisi mata uang yang selalu berjalan beriringan. Leadership mewakili perilaku pemimpin sedangkan followership mewakili perilaku bawahan.

Kegagalan atau kesuksesan organisasi, dengan demikian, ditentukan 2 aspek tersebut secara seimbang dan dinamis. Tak semata-mata dari sisi kepemimpinan yang kurang efektif, melainkan juga dimungkinkan karena peran bawahan yang kurang optimal.

Tidak ada gaya kepemimpinan yang cocok untuk semua situasi, karena gaya kepemimpinan yang efektif harus menyesuaikan dengan beberapa faktor penting diantaranya adalah visi misi perusahan, budaya organisasi serta karakter bawahan.

The end of leadership, dimana peran leader menjadi tidak efektif bahkan kontra produktif terjadi apabila memaksakan suatu pendekatan yang mengabaikan situasi-situasi dan konteks yang berpengaruh secara signifikan.

Exemplary followership (pengikut teladan) adalah gaya perilaku pemimpin yang menunjukkan perilaku pengikut yang aktif memberikan kontribusi pada organisasi, kritis yang bermaksud solutif, dan mandiri serta handal dalam bertindak.

Follower dengan perilaku seperti ini akan menjadi motor dalam organisasi untuk berkembang menjadi organisasi yang produktif.

Link youtube di atas adalah rekaman siaran saya, Rendra Krestyawan dan Ibu Sri Hastutik di radio 107.5 SAS FM 4 Mei 2018, dengan topik “Leadership vs Followership: Mana yang Lebih Penting?”, announcer by Alik Atiga.