Prinsip hidup bermakna, menjadi harapan semua orang. Pada titik tertentu dalam hidup kita, kita semua pasti pernah menanyakan, “Apakah sepanjang hidup hanya akan saya kita habiskan untuk rutinitas-rutinitas, bekerja berjam-jam dan tidak pernah memiliki cukup waktu untuk bersenang-senang menikmati dunia? ”

Jika Anda pernah merasa kesempatan untuk menjalani kehidupan yang memuaskan berlalu begitu saja, Anda tidak sendirian. Promosi jabatan di perusahaan pun tidak otomatis memberikan rasa bahagia yang signifikan. Bahkan bisa sebaliknya. Waktu kerja yang semakin panjang berdampak waktu untuk keluarga dan waktu luang yang terbatas untuk sekedar rekreasi menikmati jerih payah. Olahraga atau sekedar berburu kuliner nikmat menjadi suatu hal yang akan semakin sulit dilakukan karena semakin panjangnya jam kerja dan semakin tingginya tekanan pekerjaan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kepuasan merupakan komponen kunci untuk karier yang sukses. Pemikiran optimis akan berdampak pada peningkatan kinerja akan membuat kita lebih sejahtera.

Otak kita akan optimal ketika kita berada dalam pola pikir positif. Ketika kita merasa optimis tentang masa depan kita, kita akan lebih bersemangat, fokus dan menjadi pemecah masalah yang lebih baik. Di sisi lain, ketika energi kita dihabiskan untuk menyelesaikan masalah-masalah, kita akan kehabisan fokus dan energi yang dibutuhkan untuk bekerja secara optimal.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menciptakan kehidupan yang kita inginkan. Kita semua memiliki kekuatan dan segala yang dibutuhkan untuk mengubah nasib kita. Kunci untuk melakukan ini dengan sukses adalah melepaskan semua hambatan kita sehingga kita dapat mulai bekerja untuk membangun kehidupan yang benar-benar kita sukai setiap hari.

Jika rintangan menghalangi Anda, berikut adalah lima cara yang dapat gunakan untuk mulai menciptakan kehidupan yang lebih memuaskan:

  1. Tetap Sehat – Pikiran, tubuh dan jiwa yang sehat adalah kuncinya. Perlakukan diri Anda dengan makanan yang baik, berolahraga dan bermeditasi. Semua akan membantu Anda meningkatkan fungsi optimal.
  2. Tinggalkan Zona Nyaman Anda – Carilah peluang baru. Dalam prosesnya, kepercayaan diri Anda akan meningkat sehingga Anda dapat mengambil risiko yang lebih sehat. Transformasi hanya terjadi di luar zona kenyamanan Anda.
  3. Berhenti Mengeluh – Mengeluh memperkuat keadaan pikiran negatif dan tidak menawarkan solusi. Ambil kepemilikan kebahagiaan Anda. Jika Anda merasa frustrasi, tarik napas dalam-dalam dan fokuslah pada sesuatu yang positif.
  4. Tunjukkan Rasa Syukur Anda – Tulis kartu ucapan terima kasih, angkat telepon, atau kirimi seseorang buku yang menarik untuk dibaca. Ketuk hati Anda dan biarkan orang lain tahu betapa Anda menghargai mereka.
  5. Berharga — Alih-alih berfokus pada kesuksesan pribadi Anda, berfokuslah pada nilai. Membawa nilai ke suatu hubungan, bisnis atau komunitas meningkatkan kelimpahan dan menumbuhkan timbal balik – semakin banyak yang Anda berikan, semakin banyak yang Anda terima.

5 prinsip hidup untuk lebih bermakna ini apabila dilaksanakan akan menjadi jembatan dalam perjalanan Anda dalam mencapai kebahagiaan dan kepuasan Anda sendiri.