bag 2 Hirarki Kebutuhan Maslow

Pada artikel ini kita melanjutkan pembahasan teori Maslow dari artikel sebelumnya.

Tingkat 2: Kebutuhan Rasa Aman

Setelah Anda memenuhi kebutuhan fisiologis, kebutuhan berikutnya yang akan Anda puaskan adalah kebutuhan keamanan. kebutuhan fisik dasar kita terpenuhi, selanjutnya kita semua ingin merasa aman dan terlindungi.

Kebutuhan tersebut antara lain bebas dari perang, bencana alam, dan kekerasan. Di tempat kerja, kebutuhan ini misalnya keselamatan kerja, lingkungan kerja yang aman, memiliki akses ke prosedur pengaduan, atau memiliki jaminan kesehatan.

Kebutuhan fisiologis dan kebutuhan rasa aman apabila digabungkan sering juga disebut sebagai kebutuhan dasar.

Tingkat 3: Kebutuhan Sosial

Pada tingkat ini, Anda akan memiliki keinginan untuk mengembangkan hubungan interpersonal. Anda menginginkan adanya rasa memiliki. Kebutuhan ini meliputi keintiman, persahabatan, dan keluarga.

Di sini, Anda akan merasa perlu menjadi bagian dari sebuah atau beberapa kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kelompok keluarga, tempat kerja, atau kelompoklainnya. Menjadi bagian dari suatu grup biasanya disebut afiliasi, di mana Anda secara resmi mengikatkan diri Anda ke klub atau grup.

Pemenuhan kebutuhan ini dapat membantu menghindari masalah seperti kesepian, kecemasan, dan depresi.

Tingkat 4: Kebutuhan Penghargaan

Begitu Anda memenuhi kebutuhan pada tiga tingkat yang lebih rendah dari Hirarki Kebutuhan Maslow, kebutuhan penghargaan akan menjadi lebih penting dalam mempengaruhi dan mengarahkan perilaku sehari-hari.

Kebutuhan harga diri adalah kebutuhan ego dan kebutuhan status. Pada level ini, Anda akan termotivasi ketika mengejar penghargaan dari orang lain, mencapai status tinggi, mencapai rasa hormat, dan merasa penting.

Kebutuhan harga diri dan kebutuhan sosial bila digabungkan sering disebut sebagai kebutuhan psikologis.

Empat tingkat kebutuhan terendah ini bila digabungkan membentuk “deficiency needs” – kebutuhan yang jika tidak terpenuhi, akan memotivasi Anda untuk memenuhinya.

Tingkat 5: Kebutuhan Aktualisasi Diri

Aktualisasi diri adalah keinginan untuk meraih sesuatu yang terbaik sejauh kemampuan Anda saat ini. Kebutuhan ini berhubungan dengan bagaimana Anda mencapai potensi penuh sebagai manusia.

Anda dapat beranggapan kalau empat tingkat pertama dari hierarki ini sebagai serangkaian tingkatan yang harus dikuasai untuk memungkinkan Anda mencapai level aktualisasi diri.

Karena tiap-tiap individu memiliki keunikan, pada tingkat akhir ini, kita akan memilih sesuatu yang ingin kita kuasai secara individual. Misal, menjadi orang tua terbaik,  menjadi atlet terbaik sesuai bidangnya, atau menciptakan karya seni terindah. Keinginan unik dan khas semacam inilah yang dapat memotivasi kita setiap hari.

Hirarki Kebutuhan 7 Tahap Maslow

Tahun 1970 Maslow meningkatkan Teori tingkat kebutuhan, yang awalnya 5 jenjang ditambahkan 2 jenjang lagi setelah jenjang ke-4. Maslow menambahkan jenjang kebutuhan bertumbuh. Kedua tingkatan tersebut memiliki arti sebagai berikut:

1. Kebutuhan kognitif

Kebutuhan kognitif mencerminkan kebutuhan kita untuk mengungkap sesuatu yang baru, belajar bagaimana dunia di sekitar kita bekerja untuk memperluas pengetahuan. Ini adalah langkah penting menuju aktualisasi diri karena melibatkan proses membuka pikiran dan wawasan baru

2. Kebutuhan Estetika

Setelah memenuhi kebutuhan kognitif, Anda akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan estetika. Ini bisa berarti menghargai hal-hal indah dalam kehidupan, juga bisa berarti mencapai keseimbangan. Misalnya, jalan-jalan di alam bisa membuat kita merasa segar kembali.Demikian juga dengan menikmati musik juga dapat membuat kita merasa lebih rileks.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.