Menemukan Kembali Diri Anda 

Kita tidak akan mengalami kekurangan bahan jika ingin mengambil pelajaran dari kejadian pandemi COVID-19. Selain penyesuaian ekonomi dan kesehatan yang harus kita lakukan dengan susah payah, banyak tantangan baru yang mungkin belum bisa digambarkan akan muncul di masa depan. Mari kita coba untuk mempertahankan tingkat pengendalian atas berbagai hal sejauh yang kita mampu agar bisa melewati semua ini.

Beberapa dari kita mungkin ada yang pernah melakukan penemuan kembali atas dirinya. Perubahan itu bisa jadi sangat drastis atau mungkin tidak terlalu signifikan. Salah satu momen untuk memulai perubahan adalah saat menjalani situasi lockdown, sebab pada saat itulah hidup kita terasa berjalan begitu lambat dan tenang; itu sangat cocok untuk merenung.

Dari mana memulainya?

Inilah pertanyaan pertama yang membuat banyak dari kita kebingungan untuk memulai sebuah perubahan. Sebagai contoh cobalah mengajukan pertanyaan berikut:

  • Apa yang penting untuk perkembangan emosional saya sebagai pribadi?
  • Apa yang penting untuk tujuan ekonomi saya?
  • Apa yang penting bagi hubungan interpersonal dan perspektif sosial / etika saya?

Cobalah melihat secara holistik dan praktis. Kita bisa mundur dan melihat hidup kita seperti sebelum virus korona dan melakukan perbandingan serta penilaian. Seperti apakah kebahagiaan yang kita kejar dan bagaimana bertahan secara ekonomi.

Memanfaatkan waktu yang lebih luang saat bekerja dari rumah untuk memikirkan bagaimana situasi keuangan Anda. tanyakan pada diri sendiri, apa yang dapat diperbaiki. Apakah Anda memiliki cukup tabungan? Apakah pola konsumsi Anda berdasar kebutuhan atau keinginan semata?

Merefleksikan secara menyeluruh kebiasaan pengeluaran dan kesejahteraan finansial akan membantu Anda merencanakan masa depan, memberi Anda pengetahuan dan alat yang Anda butuhkan untuk membuat pilihan yang lebih baik setelah semua ini selesai.

Memiliki lebih banyak waktu luang juga memungkinkan kita menikmati aktivitas lainnya seperti membaca, olahraga, melukis, mendengarkan musik, dan menyalurkan minat kita. Daripada menyerah pada tekanan dan ketidakpastian, manfaatkan penurunan kesibukan untuk mempelajari kembali bagaimana menjadi bijaksana.

Melalui Ketidakpastian

Kita semua harus melihat kekuatan keluarga kita untuk mengukur bagaimana kita bertahan sebagai anggota keluarga, sebagai ayah atau ibu, teman, dan / atau pengusaha. Dalam keadaan serba tidak pasti ini, apa yang kita hargai, dan mana yang jadi prioritas?

Saat merenungkan jawaban itu, penting untuk tidak meremehkan tujuan karier Anda. Seringkali seorang wanita menganggap ambisi profesional adalah prioritas yang lebih rendah karena tekanan sosial. Namun, meskipun kita bebas memilih nilai-nilai lain sebagai alternatif, bukan berarti kita harus melakukannya. 

Gunakan kesempatan ini untuk mempelajari keterampilan baru dan mengejar minat Anda. Internet penuh dengan video tutorial dan pelatihan. 

Gunakan ini sebagai alat untuk menemukan kembali diri Anda, bukan hanya sebagai alat untuk menghabiskan waktu saat kita menunggu perekonomian kembali normal. Tetapkan tujuan keuangan yang spesifik dan dapat dicapai, ambil satu langkah pada satu waktu agar tidak kewalahan dan menyerah pada strategi Anda karena frustrasi.

Kita semua harus melihat hidup ini secara keseluruhan dan merenungkan perubahan apa yang bisa kita lakukan untuk membuat hari esok yang lebih baik. Dalam kesibukan kita, terlalu mudah untuk melupakan apa yang sebenarnya penting. Alasan “Saya tidak punya waktu” bukan lagi menjadi pilihan. 

Apa yang penting untuk Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.