9 Model Struktur Organisasi Perusahaan (3)

Bergantung pada ukuran bisnis dan tujuannya, struktur organisasi bisa bervariasi. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Terddapat beberapa jenis struktur organisasi yang biasa digunakan oleh perusahaan, dari 9 yang akan kami sampaikan, 1 jenis sudah kami uraikan sebelumnya, berikut adalah kelanjutannya.

2. Struktur Divisi Berbasis Produk

Struktur organisasi divisi memiliki struktur fungsional yang lebih spesifik. Setiap divisi dalam struktur divisi memiliki tim pemasarannya sendiri, tim penjualannya sendiri, dan seterusnya. Dalam hal ini — struktur divisi berbasis produk — setiap divisi dalam organisasi didedikasikan untuk lini produk tertentu.

Struktur ini sesuai bagi organisasi yang memiliki banyak produk. Model sruktur ini juga bisa mempersingkat tahapan pengembangan produk perusahaan. Hal ini memungkinkan usaha yang lebih kecil jika ingin masuk ke pasar membawa penawaran baru dengan cepat.

Keunggulan

Perusahaan dan karyawannya dapat merasakan manfaat dari struktur divisi berbasis produk. Jika satu divisi berkinerja buruk, ini tidak secara otomatis mempengaruhi keseluruhan organisasi. Karena pemisahan seperti itu, divisi dapat berkembang (atau gagal) secara bersamaan. Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi risiko.

Kekurangan

Terdapat potensi kesulitan menskalakan struktur di bawah divisi berbasis produk. Organisasi dapat menjumpai situasi duplikasi sumber daya karena beberapa divisi berusaha mengembangkan penawaran baru sekaligus.

3. Struktur Divisi Berbasis Pasar

Variasi lain dari struktur organisasi divisi adalah struktur berbasis pasar, di mana divisi organisasi didasarkan pada pasar, industri, atau jenis pelanggan.

Struktur berbasis pasar sangat ideal untuk organisasi yang memiliki produk atau layanan yang unik untuk segmen pasar tertentu, dan sangat efektif jika organisasi tersebut memiliki pengetahuan lanjutan tentang segmen tersebut. Struktur organisasi ini juga membuat bisnis selalu menyadari perubahan permintaan di antara segmen audiens yang berbeda.

Keunggulan

Karena struktur organisasi ini berfokus pada segmen pasar tertentu, sistem ini memberikan otonomi kepada setiap divisi. Divisi bekerja secara terpisah, yang memungkinkan karyawan untuk bekerja secara mandiri dan memungkinkan mereka untuk fokus pada kebutuhan industri yang lebih spesifik.

Kekurangan

Terlalu banyak otonomi dalam setiap tim berbasis pasar dapat menyebabkan divisi mengembangkan sistem yang tidak saling berkesesuaian antara satu sama lain. Divisi tertentu mungkin juga secara tidak sengaja menduplikasi aktivitas yang sudah ditangani divisi lain.

4. Struktur Divisi Geografis

Struktur organisasi geografis menetapkan divisinya berdasarkan — Anda dapat menebaknya — geografi. Lebih khusus lagi, pembagian struktur geografis dapat mencakup negara, regional tertentu, atau pembagian yang disesuaikan kondisi tertentu.

Jenis struktur ini paling cocok untuk organisasi yang perlu berada di dekat sumber pasokan dan/atau pelanggan (misalnya terkait pengiriman atau layanan purna jual wilayah tertentu). Ini juga menyatukan berbagai bentuk keahlian bisnis, memungkinkan setiap divisi geografis membuat keputusan dari sudut pandang yang lebih beragam.

Keunggulan

Divisi geografis memungkinkan perusahaan mendapatkan keuntungan dengan melayani pelanggan tertentu. Berdasarkan perbedaan bahasa, budaya, dan adat istiadat yang terdapat di seluruh dunia, perusahaan tidak dapat selalu mengharapkan strategi yang sama akan berhasil di semua lokasi di dunia. Tidak hanya memungkinkan organisasi menyesuaikan pendekatan berdasarkan geografi, tetapi juga memungkinkan divisi bereaksi dengan cepat dan efisien terhadap setiap perubahan pasar geografis.

Kekurangan

Kelemahan utama dari struktur organisasi geografis: Pengambilan keputusan dapat dengan mudah menjadi terdesentralisasi, karena divisi geografis (yang bisa ratusan, jika tidak ribuan kilometer jauhnya dari kantor pusat perusahaan) sering kali memiliki otonomi yang besar. Dan bila Anda memiliki lebih dari satu departemen pemasaran — satu untuk setiap wilayah — Anda berisiko membuat kampanye yang bersaing dengan (dan melemahkan) divisi lain di seluruh saluran promosi digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.