Serba-serbi perencanaan karir yang sebaiknya Anda mengertiDalam dunia kerja, perencanaan karir adalah sesuatu yang sangat penting, untuk seorang karyawan dalam mengatur perencanaan masa depan mereka. Di dunia kerja, memang sesungguhnya terdapat perusahaan yang akan dengan senang hari memikirkan mengenai karir karyawan mereka, namun di balik itu, tentu saja juga ada perusahaan yang tak memikirkan tentang masa depan karyawan mereka. Jika Anda bergabung ke jenis perusahaan yang pertama, maka Anda beruntung, namun jika Anda bergabung ke jenis perusahaan yang kedua maka silahkan membaca artikel ini lebih lanjut. Anda akan membutuhkannya. Mari baca selengkapnya.

Masa depan karyawan

Untuk Anda ketahui, walaupun Anda sudah ikut bergabung dalam perusahaan yang memikirkan tentang masa depan karyawan, namun Anda tetap harus memikirkan mengenai perencanaan karir Anda sendiri. Karena memang sesungguhnya hal tersebut merupakan tanggung jawab Anda. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga, di mana tanggungan cukup besar, maka Anda harus memikirkan hal ini dengan lebih seksama.

Apabila dibandingkan dengan atasan maupun perusahaan, memang Anda merupakan pribadi yang paling mengerti mengenai diri Anda sendiri, begitu pula dengan kemampuan dan ke manakah arah masa depan yang Anda inginkan. Dengan melakukan proses perencanaan karir, maka Anda pun akan mengenal diri Anda dengan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Ketika melakukan perencanaan karir tersebut, Anda akan mengenal yang namanya menganalisis ketrampilan, visi, kekuatan, pencapaian, kelemahan, serta hal-hal yang lain yang masih memiliki kaitan dengan diri Anda. Selanjutnya Anda dapat membuat perencanaan, serta melangkah dalam mewujudkan visi Anda pada masa mendatang.

Menentukan visi

Mungkin yang sedikit membingungkan di sini adalah dalam menentukan visi, oleh karena itu akan kami jelaskan dengan lebih jauh. Perencanaan karir harus diawali dengan mengerti visi Anda terlebih dahulu. Visi ini dapat disebut juga sebagai pandangan masa depan. Visi yang akan membahas mengenai diri Anda pada masa mendatang, mulai 5 hingga 10 tahun ke depannya bahkan lebih. Apabila Anda termasuk seorang karyawan yang tak mengerti dengan pasti tentang visi Anda sendiri, maka Anda coba tanyakan pada diri Anda, apakah yang memang Anda inginkan pada masa mendatang. Selanjutnya Anda bisa coba membayangkan hingga 5 sampai dengan 10 tahun, jika mengalami kesulitan maka cobalah memulai dengan visi dari 2 hingga 3 tahun terlebih dahulu.

Penentuan visi untuk waktu beberapa tahun ke depan tak sama dengan memilih pakaian yang mau Anda kenakan sehari-hari, berbeda jauh. Sesudah Anda menentukan sebuah visi, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menguji visi tersebut, apakah memang hal tersebut memang merupakan apa yang sungguh Anda inginkan pada masa mendatang atau bukan. Tidak perlu terburu-buru dalam menentukan visi Anda. Tetapi buatlah visi yang pasti dan tepat.

Kekuatan dan kelemahan

Tentunya dalam membuat visi, Anda juga harus mengetahui kekuatan dan kelemahan. Dengan begitu, visi yang Anda buat akan lebih mudah terealisasi. Hingga nantinya Anda juga bisa membuat perencanaan yang lebih matang. Terkadang orang-orang sering melihat kekuatan mereka, namun tidak menyadari apa kelemahan mereka. Tetapi jangan takut, karena sesungguhnya kelemahan ini bisa diatasi, asalkan yang bersangkutan sudah menyadari kelemahan mereka. Dan yang paling penting adalah jangan takut untuk memperbaiki diri. Sehingga ke depannya bisa mendukung perencanaan karir Anda sendiri. Sekian artikel tentang serba-serbi perencanaan karir yang sebaiknya Anda mengerti, semoga bermanfaat.