Wawancara kerja mungkin merupakan kesempatan terbaik Anda untuk menentukan apakah calon karyawan akan berhasil dengan perusahaan Anda. Tetapi kebanyakan pelamar pada saat ini memiliki jawaban siap pakai untuk pertanyaan wawancara standar seperti “Seperti apa karir yang Anda inginkan dalam 5 tahun ke depan?”

Berikut adalah 5 pertanyaan wawancara yang dapat membantu untuk mengungkap kompetensi pelamar secara lebih akurat:

  1. “Apa yang menarik minat Anda terhadap lowongan pekerjaan ini, keterampilan dan kekuatan apa yang Anda miliki sebagai modal kesuksesan Anda pada pekerjaan ini? ”

Jawabannya menunjukkan seberapa antusiasnya pelamar untuk posisi tersebut dan seberapa siapnya dalam wawancara. Kandidat yang memiliki kompetensi yang baik harusnya dapat mengkorelasikan keterampilan mereka dengan persyaratan yang dibutuhkan dalam posisi tersebut.

  1. “Bisakah Anda ceritakan tentang pekerjaan terakhir Anda?

Bagaimana seseorang menjawab pertanyaan ini akan menggali kemampuan-kemampuan spesifiknya. Pelamar juga tergali kesuksesan/kegagalan dalam pekerjaannya beserta bagaimana ia meraih kesuksesan dan mendapatkan kegagalan. Pertanyaan ini juga membantu Anda untuk mengetahui semangat dan antusiasme dalam pekerjaannya serta rasa tanggung jawabnya terhadap pekerjaan. Patut diwaspadai apabila pelamar banyak menceritakan keburukan atasannya atau lingkungan kerjanya saat ini.

  1. “Bagaimana Anda mengubah sifat pekerjaan Anda saat ini?”

Jawaban yang meyakinkan atas pertanyaan ini menunjukkan kemampuan beradaptasi dan kemauan untuk mengambil resiko jika diperlukan. Seseorang yang memilih untuk melakukan pekerjaan secara berbeda dari orang lain juga terindikasi memiliki kreativitas dan banyak akal.

  1. “Apa keputusan paling sulit yang harus Anda lakukan dalam pekerjaan?”

Pertanyaan ini utamanya untuk mengetahui gaya pengambilan keputusan seseorang dan bagaimana cara menyelesaikan permasahan apakah sesuai dengan budaya perusahaan Anda.

  1. “Lingkungan kerja macam apa yang Anda inginkan? Apa yang menghasilkan performa terbaik Anda? “

Galilah lebih mendalam. Pertanyaan ini tujuan utamanya adalah untuk mengetahui apakah seseorang cocok bekerja di lingkungan perusahaan Anda.

Wawancara adalah proses mengumpulkan, terutama menyangkut kompetensi dan value dari pelamar. 5 pertanyaan wawancara ini sangat berguna mengungkap lebih dalam kompetensi dan nilai-nilai yang dianut pelamar. Tujuan utamanya adalah menemukan kecocokan (fitness) antara pelamar dengan perusahaan.