MEManfaatkan Tenaga Magang Sebelum Menawari Mereka Pekerjaan Tetap

Mempekerjakan tenaga magang adalah cara yang bagus untuk mencari bakat masa depan. Tetapi apa yang harus Anda cari pada program magang, dan bagaimana Anda harus merancangnya untuk kesuksesan jangka panjang?

Mengapa Merekrut Tenaga Magang?

Dari sudut pandang siswa magang, model perekrutan iini memberikan pengalaman kerja, koneksi profesional, pengembangan keterampilan, dan peningkatan resume. — Magang juga menawarkan banyak manfaat timbal balik bagi perusahaan. 

Mempekerjakan tenaga magang dapat membantu Anda:

Memperkuat budaya perusahaan. Saat perusahaan Anda menghadapi wajah baru dan melakukan proses untuk melatih dan mengawasi mereka — hal itu juga memperkuat proses internalnya. Memungkinkan untuk mengenallkan misi dan tujuan organisasi, mengembangkan lebih lanjut program pelatihan, dan menggambarkan tugas kepemimpinan.

Menghemat waktu untuk karyawan baru. Memperlakukan karyawan magang Anda sebagai calon karyawan tetap tidak hanya akan meningkatkan motivasi pribadi dan etos kerja mereka, tetapi juga akan menghemat waktu dan biaya dalam hal mengembangkan tim.

Melihat siapa yang akan menjadi kandidat ideal.

Mengembangkan peluang bimbingan dan kepemimpinan. Program magang bermanfaat bagi karyawan tetap Anda dengan menawarkan mereka kesempatan untuk melatih, mengajarkan keterampilan baru, berbagi keahlian materi pelajaran, mengelola proyek, dan mengevaluasi kinerja. Saat mereka melatih tenaga magang, perusahaan Anda mendapatkan pemimpin tim dan supervisor di masa depan.

Bagaimana Menyiapkan Program Magang

Apakah Anda berencana menawarkan program magang online, di tempat, paruh waktu, atau penuh waktu, pastikan untuk:

Menawarkan posisi berbayar. Meski tenaga magang bersedia magang hanya demi pengalaman kerja, magang tanpa bayaran memiliki efek negatif pada moral perusahaan —. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai kontribusi mereka dengan memberi mereka ganti rugi yang adil atas upaya mereka. Ingat, Anda juga berkontribusi pada pendidikan mereka, dan berpotensi berinvestasi pada masa depan karyawan yang berharga.

Menyiapkan proyek tertentu. Menerima tenaga magang tanpa memberikan tugas khusus adalah tindakan merugikan bagi semua pihak — itu tidak akan membantu tenaga magang belajar, dan itu membuang-buang sumber daya organisasi.

Jangan hanya meminta tenaga magang untuk membuatkan kopi saja. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda memercayai dan menghargai mereka dengan memberikan tanggung jawab yang nyata.

MemPerlakukan itu sebagai pengalaman belajar. Jangan berharap tenaga magang datang dengan pengetahuan atau keterampilan industri yang lengkap, jangan tinggalkan mereka sendirian menyelesaikan proyek, dan jangan terlalu keras pada mereka. Meskipun penting untuk memercayai para magang dengan proyek dan tanggung jawab, perlu diingat bahwa mereka sedang belajar — dan itu adalah tanggung jawab Anda untuk mengajari mereka. Program magang adalah pengalaman belajar bagi magang dan organisasi Anda.

Cara Merekrut Tenaga Magang

Bagaimana Anda bisa menemukan kandidat yang tepat, dan di mana Anda harus mencari mereka?

Apa yang dicari dalam program magang. Kualitas yang Anda butuhkan dalam magang sangat bergantung pada budaya dan tujuan perusahaan Anda. Siapkan “profil ideal” dari ekspektasi Anda sebelum mulai mencari, dan pertimbangkan poin penting seperti:

  • Jurusan pendidikan terkait
  • Jenjang pendidikan
  • Keterampilan keras dan lunak
  • Minat
  • Pengalaman masa lalu
  • Profesionalisme dan dedikasi
  • Ketersediaan
  • Potensi perekrutan di masa depan

Anda harus memutuskan kualitas apa yang bisa dinegosiasikan — tetapi ingat bahwa hasrat, etos kerja, dan kemauan untuk belajar adalah indikator yang baik untuk kandidat tenaga magang berkualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.