Jenis Penghargaan untuk Karyawan Terbaik

Karyawan lebih menghargai suatu bentuk pengakuan di tempat kerja daripada hanya sekadar uang. Pengakuan atas kontribusi di tempat kerja lebih memuaskan karyawan daripada pemberian penghargaan atau hadiah. Pujian dari seorang manajer kepada karyawan sangat  mempengaruhi tingkat  motivasi mereka. Beberapa pernyataan di atas merupakan hasil dari beberapa penelitian tentang manfaat penghargaan kepada karyawan di lingkungan kerja.

Penelitian menunjukkan bahwa pengakuan di tempat kerja memiliki keterkaitan  dengan makna dan tujuan karyawan di tempat kerja. Jadi, pertimbangkan untuk memberikan salah satu dari beberapa penghargaan berikut kepada karyawan yang memiliki kinerja terbaik jika manajemen SDM ingin membuat mereka bertahan di organisasi.

  1. Penghargaan dari Sesama Rekan

Manajemen SDM bisa membuat suatu sistem penghargaan yang mana melibatkan karyawan untuk memilih rekan yang menurutnya paling pantas mendapatkan penghargaan. Mungkin saja seorang karyawan dianggap rekannya berprestasi karena telah membantu memecahkan masalah yang sudah lama dihadapi oleh departemennya. Atau mungkin karena karyawan itu bersedia mengambil tugas tambahan saat salah satu rekan kerjanya sakit atau menangani tugas terkait pekerjaan lainnya.

Apa pun pilihannya, biarkan karyawan memilih siapa yang ingin mereka hargai dan berikan apresiasi di hadapan publik.

  1. Penghargaan Pengabdian kepada Masyarakat

Manajemen SDM bisa memberikan apresiasi kepada karyawan yang berkontribusi pada masyarakat sekitar perusahaan, terutama jika karyawan itu melakukannya secara sukarela atas nama organisasi.

Misalnya, apabila seorang anggota tim pengembang situs perusahaan Anda membantu membangun website sebuah organisasi nirlaba, maka manajemen SDM bisa mengusulkan kepada perusahaan untuk memberinya apresiasi dan penghargaan khusus atas inisiatifnya itu.

Contoh lain, ketika momen tertentu yang tidak berhubungan dengan perusahaan, sekumpulan karyawan bersama-sama melakukan bakti sosial membagikan paket bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar lokasi perusahaan, inisiatif seperti ini bisa juga mendapat apresiasi dan penghargaan.

  1. Penghargaan Most Valuable Staff

Manajemen SDM bisa mengusulkan kepada organisasi untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada karyawan yang memberi kontribusi besar terhadap kesuksesan dann kelangsungan hidup perusahaan dengan intensitas sesering mungkin.

Misalnya, ketika seorang karyawan yang dengan inisiatifnya rutin memberikan mentoring keselamatan kerja kepada rekan juniornya tanpa diminta manajernya, berikan ia apresiasi di depan umum atas usahanya.

Atau ketika seorang karyawan yang mampu melakukan pendekatan kepada klien yang merasa kecewa dan berhasil meyakinkan klien itu kembali sehingga organisasi tidak kehilangan keuntungan jangka panjang, berilah ia apresiasi di depan umum.

  1. Penghargaan Anggota Tim Terbaik

Karyawan juga harus diapresiasi ketika mereka mengesampingkan keinginan dan aspirasi pribadi demi memajukan upaya tim mereka.

Misalnya, ketika seorang karyawan yang mau menyisihkan beberapa menit kesana-kemari untuk membantu rekan kerjanya mempelajari cara menggunakan aplikasi teknologi terbaru, seorang karyawan yang menyelesaikan sebagian besar pekerjaan yang harusnya diselesaikan oleh timnya, dll.

  1. Penghargaan Karyawan Paling Inovatif

Ketika seorang karyawan berpikir out of the box yang hasilnya mampu menghemat uang organisasi, menaikkan produktivitas, atau mengembangkan produk baru, ucapkan terima kasih secara terbuka atas ide inovatif dan kerja kerasnya.

Kesamaan beberapa tips di atas adalah kesemuanya tidak memanfaatkan unsur uang dalam praktiknya. Dan ingatlah untuk mengapresiasi karyawan dan menunjukkan penghargaan kepada mereka secara publik jika manajemen SDM ingin mereka tetap terlibat dan berkomitmen di organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.