Apa itu Keterampilan Interpersonal? (bag 1)

Keterampilan interpersonal adalah kemampuan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain.

Definisi Keterampilan interpersonal

Ini adalah keterampilan yang sering disebut juga sebagai soft skills atau life skills yang kita gunakan setiap kali kita berinteraksi dengan orang lain, baik secara individu maupun sebagai bagian dari kelompok.

Secara garis besar, keterampilan interpersonal adalah kemampuan Anda untuk berkomunikasi, bekerja sama, terhubung, berhubungan, dan bekerja dengan orang lain. Faktanya, dalam setiap interaksi antara dua orang di mana informasi sedang dipertukarkan, termasuk komunikasi verbal dan nonverbal, keterampilan interpersonal selalu berperan.

Setiap orang berbeda-beda dalam hal ini. Anda mungkin mengenal seseorang dengan keterampilan interpersonal yang hebat, dan orang lain yang kurang memiliki keterampilan interpersonal. Orang dengan keterampilan interpersonal yang hebat umumnya lebih sukses baik secara profesional maupun pribadi daripada mereka yang tidak.

Di pasar kerja saat ini, memiliki hard skill yang hebat saja tidak cukup, pengusaha semakin menginginkan orang-orang dengan keterampilan interpersonal yang bagus. Namun jangan risau bagi yang merasa kurang dalam hal ini, karena keterampilan interpersonal dapat ditingkatkan.

Keterampilan Interpersonal Dasar

Interaksi dengan manusia lain adalah bagian mendasar dari menjadi manusia. Masing-masing dari kita telah mengembangkan keterampilan interpersonal kita sejak usia dini, dimulai segera setelah kita lahir. Ini berarti bahwa kita masing-masing memiliki, saat ini, seperangkat keterampilan interpersonal dasar yang siap kita gunakan.

Karena setiap orang sudah memiliki keterampilan interpersonal, dan karena kita menggunakannya setiap hari, kita dapat dengan mudah menerima begitu saja kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal itu.

Hambatan yang biasa muncul dalam mengembangkan keterampilan interpersonal adalah karena jumlahnya yang begitu banyak, sehingga sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Dalam situs ini terdapat banyak artikel yang bisa membantu Anda menentukan dari mana akan memulai.

Perbedaan Antara Keterampilan Interpersonal dan Keterampilan Impersonal

Bayangkan contoh ketika Anda menyerahkan sejumlah uang kepada penjaga toko dan mengatakan barang yang ingin dibeli. Kemudian penjaga toko menyerahkan barang tersebut. Apakah ini komunikasi antarpribadi? Tidak, karena Anda melakukan interaksi secara otomatis.

Anda berinteraksi dengan penjaga toko sebagai “sesuatu” bukannya sebagai “Anda”. Agar bisa dianggap sebagai komunikasi antarpribadi, Anda perlu berinteraksi dengan penjaga toko seolah-olah Anda mengenalnya dengan cara “Anda”.

Poin penting lainnya untuk dicatat bahwa keterampilan interpersonal tidak sama dengan keterampilan komunikasi. Sebagian besar keduanya tumpang tindih, tetapi bidang keterampilan interpersonal lebih luas karena mencakup topik-topik seperti kerja tim dan pemecahan masalah kelompok.

Keuntungan Memiliki Keterampilan Interpersonal yang Baik

Memiliki keterampilan interpersonal yang baik dapat membantu kita sukses baik dalam kehidupan pribadi maupun bisnis, karena ini bisa membantu kita untuk: bekerja lebih efektif sebagai bagian dari tim, Menyampaikan maksud secara efektif, membentuk dan memelihara ikatan sosial, Membangun hubungan dengan situasi orang lain, bernegosiasi dengan orang lain, meminta maaf, menyatukan perbedaan, mempengaruhi orang lain, meningkatkan kemampuan belajar, dan Membaca bahasa tubuh.
Keterampilan interpersonal bahkan dapat memberi kita kemampuan untuk meminta bantuan ketika situasi menuntut.

Dari daftar panjang manfaat keterampilan interpersonal ini, mudah untuk melihat bahwa dengan mengasah kemampuan Anda dalam urusan ini dapat membantu meningkatkan kehidupan pribadi dan kehidupan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.