Metode Membaca yang Efektif

Pernahkah Anda membaca sebuah buku hanya untuk menyadari setelah beberapa saat ternyata tidak ada informasi yang meresap di kepala. Jika demikian, metode di artikel ini mungkin bisa membantu.

SQ3R adalah nama metode ini. Pertama kali diutarakan pada tahun 1946 dalam sebuah buku karya Frances P. Robinson berjudul “Effective Study”.

Metode ini menyebutkan langkah-langkah yang harus Anda tempuh sebelum membaca, saat Anda membaca, dan setelah membaca. Dengan ini diharapkan membuat Anda lebih mampu untuk memahami dan mempertahankan informasi yang Anda baca.

Metode Membaca SQ3R

Metode Membaca SQ3R membutuhkan waktu untuk bisa dikuasai. Namun setelah dikuasai metode ini akan membantu Anda menjadi pembaca yang lebih efisien dan efektif.

SQ3R adalah singkatan dari Survey, Question, Read, Recite, dan Review.

Jelas tidak mungkin untuk membaca seluruh buku dalam satu kesempatan. Jadi terapkan proses SQ3R pada potongan naskah bacaan yang dapat disesuaikan, misalnya menyelesaikan satu bab dalam satu kesempatan.

1. Survei

Langkah pertama metode SQ3R adalah mensurvei naskah yang akan Anda baca. Pada dasarnya adalah sekilas membaca bab atau potongan naskah yang ingin Anda pelajari.

Perhatikan heading dan subheading. Perhatikan gambar, bagan, dan diagram, baca teks apa pun yang terkait dengannya. Baca pendahuluan atau ringkasan dalam naskah. Jika ada, baca juga pertanyaan ulasan atau panduan belajar terkait.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk mendapatkan gambaran umum tentang apa yang akan Anda baca. Bagian ini biasanya memakan waktu sekitar 10 menit.

2. Question (bertanya)

Anda merumuskan pertanyaan yang akan membantu Anda merumuskan tujuan langkah berikutnya. Untuk menyelesaikan langkah ini, ubah setiap judul atau subjudul menjadi pertanyaan dengan menggunakan kata-kata: siapa, apa, bagaimana, mengapa, atau kapan.

Anda tidak perlu menuliskan pertanyaan-pertanyaan ini, tetapi beberapa orang mungkin merasa perlu untuk melakukannya.

3. Read (baca)

Baca setiap bagian dengan tujuan menjawab pertanyaan yang Anda ajukan pada langkah kedua.

Nikmati waktu Anda saat membaca. Tujuannya adalah untuk memahami. Baca ulang apapun yang kurang dipahami saat pertama kali membaca.

4. Recite (ucapkan)

Anda melafalkan kembali dengan kata-kata Anda sendiri mengenai jawaban setiap pertanyaan yang Anda ajukan pada langkah kedua, tanpa melihat teksnya. Ini secara aktif mendorong Anda untuk berbicara kepada diri sendiri! Mengatakan jawaban atas pertanyaan Anda dengan lantang membantu memulai proses pemindahan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Langkah ini juga akan membantu Anda memikirkan apakah Anda benar-benar memahami apa yang baru saja Anda baca.

Sebaiknya Anda membuat catatan tentang jawaban Anda, ini membantu ketika Anda perlu mempelajarinya lagi. Tuliskan jawaban Anda dengan kata-kata Anda sendiri. Dengan menggunakan kata-kata Anda sendiri, kemungkinan besar Anda akan mengingat informasi itu.

5. Review (tinjau kembali)

Langkah ini memanfaatkan semua pertanyaan dan jawaban yang sudah Anda susun sebelumnya. Tutupi jawaban Anda dan tanyakan pada diri sendiri semua pertanyaan satu per satu. Jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan, intip catatan Anda dan coba lagi.

Peninjauan kembali membantu Anda mengingat informasi untuk jangka panjang. Ini adalah proses yang berkelanjutan. Sebaiknya tinjau jawaban Anda satu hari setelah menyelesaikan empat langkah pertama, lalu secara berkala dari waktu ke waktu setelah itu.

Terkadang, ketika kita meninjau ulang catatan kita setelah jangka waktu tertentu, hal-hal tertentu mungkin menjadi tidak relefan. Dalam hal ini, perbarui catatan Anda sesuai kebutuhan. Misal dengan menambahkan informasi terbaru yang membuat catatan lama tidak lagi relefan.

Metode SQ3R dirancang untuk membantu Anda membaca dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Metode ini berfokus pada membaca aktif. Menjawab pertanyaan saat Anda membaca dapat meningkatkan pemahaman terhadap bacaan. Menuliskan dan melafalkan jawaban dengan kata-kata sendiri membantu Anda memasukkannya ke dalam memori jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.