Tips Menjalani Satu Hari Kerja Biasa

Sebagian besar dari kita menghabiskan cukup banyak waktu dalam satu hari kita untuk bekerja. Sebagian besar waktu itu kita gunakan utuk menyelesaikan pekerjaan atau untuk bepergian ke dan dari tempat kerja. Proses penyelesaian pekerjaan yang tidak terorganisir seringkali dapat mengakibatkan hari-hari di tempat kerja menjadi tidak produktif, yang pada gilirannya dapat menyebabkan diri Anda stres. Namun ada satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa hanya dengan teknik pengorganisasian yang sederhana dapat membantu membuat setiap hari kerja Anda lebih terasa mengalir dan akan menghasilkan penggunaan waktu yang lebih efisien. Hari kerja yang terorganisir dengan baik sangat mungkin berarti lebih sedikit tekanan di tempat kerja dan bahkan lebih banyak waktu yang bisa dihabiskan untuk bersantai.

Pada kesempatan ini kami ingin berbagi beberapa tips sederhana tentang bagaimana mengelola pekerjaan yang bisa Anda aplikasikan di hari-hari kerja Anda.

1. Tulis daftar tugas untuk prioritas hari berikutnya di akhir setiap hari kerja. Jangan menunggu sampai Anda mulai bekerja untuk memutuskan apa yang perlu dilakukan. Tulislah daftar item di catatan Anda dengan mengacu pada urutan prioritas dan beri tanda khusus di samping item yang paling mendesak untuk diselesaikan. Apabila terdapat pekerjaan yang perlu ditugaskan, delegasikan tugas tersebut sejak awal. Ini memberi Anda waktu untuk bisa fokus pada semua tugas yang ada di pundak Anda.

2. Atur file dalam lemari arsip dengan mengacu pada urutan yang sama dengan daftar prioritas yang harus Anda lakukan. Kemudian tempatkan dokumen yang relevan di dalam setiap file tersebut. Beberapa orang lebih suka dengan cara mengeluarkan file yang akan dikerjakan dari lemari dan menyiapkannya di meja kerja. Atau mungkin Anda memiliki cara lain yang lebih sesuai untuk Anda. Kemudian, saat Anda telah menyelesaikan setiap tugas, pindahkan semua dokumen terkait ke folder yang sudah selesai dan periksa tugas di daftar Anda.

3. Usahakan agar tiba di tempat kerja lebih awal. Terlambat memulai pekerjaan menyebabkan Anda bekerja terburu-buru atau ketinggalan jadwal. Tak satu pun dari hal-hal itu baik untuk Anda atau hari kerja Anda. Beri diri Anda permulaan untuk menghindari padatnya lalu lintas dan memberi Anda waktu untuk sekadar pergi ke kamar mandi atau minum kopi sebelum Anda mulai bekerja. Kemudian nyalakan semua peralatan yang Anda perlukan untuk menyelesaikan rutinitas harian Anda dengan perasaan tenang.

4. Baca daftar yang telah Anda susun dan kenali item-item dalam daftar itu. Tetapkan target pencapaian setiap tugas dalam daftar. Tempatkan diri Anda pada kerangka waktu yang masuk akal dan kerjakan setiap tugas dengan tujuan untuk menyelesaikannya. Jadwalkan waktu khusus dalam hari-hari kerja Anda untuk waktu istirahat sejenak dan melakukan penilaian sudah sejauh mana Anda berada di hari kerja itu.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.