Aktivitas Kelompok : Meningkatkan Kepercayaan dalam Tim 

Kesolidan tim dalam suatu organisasi sangatlah krusial. Salah satu unnsur penting dalam suatu tim adalah rasa saling percaya antara anggota tim. Berikut ini terdapat beberapa alternatif aktifitas tim yang bisa membantu meningkatkan rasa saling percaya dalam tim.

Memahami Hobi

Setiap orang biasanya memiliki aktifitas sampingan di waktu luangnya. Topik ini bisa menjadi bahan komunikasi tim, sekaligus dapat membangun ikatan tim. Secara bergiliran. Satu demi satu anggota menceritakan kegemarannya, hewan peliharaannya, atau hobinya. Lalu anggota tim yang lain diberi kesempatan bertanya mengenai berbagai hal tentang kegemaran tersebut.

Memahami Masalah

Aktifitas ini mempersilahkan tiap anggota tim menceritakan masalah yang selama ini mengganggu, bisa yang berkaitan dengan pekerjaan, kekurangan yang ingin dikikis, atau sesuatu yang ingin dipelajari. Membangun tim bisa dicapai dengan berbagi permasalahan. Setiap orang pasti memiliki masalah, ada baiknya jika saling berbagi dan saling membantu mencarikan solusi atas permasalahan itu.

Permainan Mulai, Berhenti, Lanjutkan

Permainan ini membutuhkan pemilihan topik dan pertimbangkan untuk mengangkat topik yang berhubungan dengan pekerjaan. Kemudian anggota tim menuliskan semua yang terlintas dalam pikiran mereka terkait dengan topik itu. Selanjutnya, mereka diminta menempatkan tulisan-tulisan itu ke dalam tiga kelompok — hal-hal yang harus mereka mulai, yang harus mereka hentikan, dan yang harus mereka lanjutkan berkenaan dengan tujuan meningkatkan kinerja pada topik yang dipilih.

Makan Bersama

Aktifitas seputar makanan bagus untuk menyatukan kelompok. Misalnya, menyelenggarakan kelas memasak, mengajak semua anggota tim memasak dan makan bersama, makan bersama seadanya, atau sekadar nyemil bersama kelompok. Melibatkan unsur makanan bisa membantu membangkitkan ingatan dan cerita serta diskusi tentang kesamaan atau perbedaan anggota tentang rasa dalam hidangan dan masakan tertentu.

Bernostalgia Bersama

Nostalgia adalah emosi manis yang merupakan salah satu cara tercepat untuk membangun hubungan. Sesama anggota tim dapat saling berbagi cerita nostalgia dengan saling bercerita tentang apa kenangan favorit saat kecil?; atau siapa panutan saat remaja?

Mengurutkan Abjad Kemampuan

Aktifitas ini meminta para anggota tim untuk menyebutkan keterampilan yang dimiliki, urut dari abjad A yang berarti paling terampil;  hingga F yang dianggapnya paling lemah. Aktifitas ini membantu tim memahami kekuatan dan kelemahan satu sama lain.

Ajari Aku! 

Team building dapat membangun kepercayaan tim dan  keyakinan diri. Caranya dengan mempersilahkan mereka menunjukkan pengetahuan, pengalaman, dan keahlian mereka kepada orang lain.  Setiap anggota kelompok mendapat beberapa menit untuk mengajarkan sesuatu yang bukan pengetahuan umum kepada tim, sekaligus menjawab berbagai pertanyaan.

Klub Buku

Semua anggota tim memilih buku yang harus dibaca, tentukan batas waktu menyelesaikan bacaan, dan lakukan sesi diskusi. Anggota dapat belajar banyak tentang rekan satu tim  dari apa yang mereka suka dan tidak suka tentang buku tertentu dan interpretasi mereka terhadapnya.

Belajar Ilmu  Kelompok

Mempelajari beragam teori tentang tim bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun kepercayaan tim karena hal itu menambah wawasan tentang apa yang membuat tim jadi sukses. Alih-alih meminta anggota kelompok belajar secara individual, mereka dapat belajar bersama dan bekerja setiap hari untuk menemukan cara inovatif mereka sendiri bagaimana meningkatkan tim.

Demikian beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Mudah-mudahan, tim SDM dapat menggunakan informasi ini untuk membantu membangun kohesi tim dan kerja sama dalam organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.