Pentingnya Struktur Organisasi

Struktur organisasi didasarkan pada visi dan tujuan jangka panjang perusahaan, dan kemungkinan besar akan dianggap “ditetapkan” setelah dibangun. Jika perubahan memang terjadi, kemungkinan besar itu adalah hasil dari misi baru, rebranding, atau perubahan besar lainnya dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, keberadaan struktur organisasi tidak bisa dianggap enteng. Struktur organisasi yang baik sangat penting untuk semua aspek bisnis agar bisa mencapai kesuksesan.

Struktur Organisasi Menentukan dan Mendukung Misi Organisasi

Di dasar sebuah struktur organisasi perusahaan terdapat misi perusahaan tersebut; itu alasan suatu perusahaan melakukan apa yang dilakukannya. Struktur organisasi yang baik akan mendukung misi perusahaan, dan akan berusaha memenuhi kebutuhan berbagai pemangku kepentingan. Meskipun para kapitalis secara spontan akan menyatakan bahwa misi perusahaan mereka adalah menghasilkan uang, pasti yang sebenarnya lebih dari itu.

Misalnya, perusahaan teknologi Apple memiliki misi organisasi untuk “membuat disrupsi pada tatanan dunia” – yang itu tergambar jelas dari logo perusahaan. Apple membangun struktur organisasinya dengan berpusat pada kepemimpinan yang kuat dalam diri Steve Jobs, yang, menurut banyak orang, berhasil melakukan hal itu.

Struktur Organisasi Menetapkan Prioritas Organisasi

Struktur organisasi yang baik membantu menetapkan prioritas. Bagaimana sumber daya dialokasikan, mengomunikasikan apa yang penting dan tidak penting bagi perusahaan. Sebagian besar perusahaan menetapkan prioritas, dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah, dengan citra merek perusahaan secara keseluruhan sebagai perhatian utama mereka. Prioritas lain mungkin termasuk inisiatif strategis, penjualan, pertumbuhan, efisiensi operasional, keamanan, dan kepatuhan terhadap peraturan.

Di mana prioritas itu ditempatkan memberi banyak gambaran tentang perusahaan. Misalnya, titik tekan pada persoalan ketaatan pada aturan bisa jadi sangat penting bagi perusahaan penyedia layanan dan fasilitas kesehatan, tetapi tidak terlalu penting untuk perusahaan yang menjual peralatan berkebun dan pertukangan.

Struktur Organisasi Menentukan Fungsi Departemen dan Personalia

Bagan organisasi sering membangun tanggung jawab departemen dan personel berdasarkan struktur organisasi. Peran dalam struktur didasarkan pada bidang spesialisasi. Misalnya, departemen penjualan mungkin memiliki staf penjualan, manajer, asisten administrasi, tetapi fungsi tim adalah menjual produk. Layanan pelanggan, sumber daya manusia, keuangan, dan departemen serupa, masing-masing memiliki fungsi uniknya sendiri.

Struktur Organisasi Adalah Garis Besar Pelaksanaan Prioritas dan Fungsi

Struktur organisasi juga menentukan bagaimana hal-hal akan dilakukan dalam organisasi Anda. Bagan organisasi yang dikembangkan dengan baik sangat membantu pelaksanaan proses itu. Bagan organisasi menunjukkan siapa melakukan apa, dan siapa menjawab siapa. Karyawan memiliki jabatan, yang, pada gilirannya, memiliki deskripsi pekerjaan yang menggambarkan tanggung jawab.

Bagaimana setiap orang berinteraksi dan apa yang mereka lakukan dalam organisasi harus mendukung misi dan prioritas utama organisasi. Misalnya, rumah sakit yang memprioritaskan perawatan pasien akan memiliki struktur yang jauh berbeda dari perusahaan perakitan mobil yang mengukur keberhasilan hanya dengan jumlah produksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.