Membatasi Pilihan untuk Meraih Kekuasaan 2
Kekuasaan sering kali diraih dengan melancarkan tipu muslihat berupa penawaran pilihan yang semu. Orang yang diberi pilihan seolah memiliki kuasa menentukan, padahal apapun yang dipilih semuanya bermuara pada kepentingan pemberi pilihan. Taktik ini memiliki banyak variasi.
Mengganti Medan Permainan: Pada tahun 1860-an, seorang industriawan culas, John D. Rockefeller ingin menguasai bisnis minyak. Namun, jika ia mencoba mencaplok perusahaan minyak yang lebih kecil, akan timbul perlawanan. Sebagai gantinya, ia mulai membeli perusahaan kereta api yang mengangkut minyak secara diam-diam. Ketika ia ingin mengambil alih perusahaan tertentu, ia mengingatkan akan ketergantungan mereka pada bisnis pengangkutan. Dengan mengendalikan pengiriman atau menaikkan biayanya, ia bisa merusak bisnis mereka. Rockefeller mengubah permainannya sehingga produsen minyak kecil hanya memiliki satu pilihan. Cara ini efektif untuk melawan mereka yang menolak dengan keras.
Opsi yang Menyusut: Ambroise Vollard, seorang pedagang seni pada akhir abad ke-19, menggunakan teknik ini. Ketika pelanggan datang melihat lukisan-lukisan Cézanne, ia akan menunjukkan tiga lukisan tanpa menyebutkan harga, lalu berpura-pura tertidur. Para pengunjung pergi tanpa memutuskan. Ketika mereka kembali esok hari, Vollard akan menunjukkan lukisan-lukisan yang kurang menarik, berpura-pura bahwa itu adalah yang sama. Hal ini membingungkan pelanggan dan mereka melihat penawaran baru. Vollard terus menunjukkan lukisan-lukisan yang kurang menarik, membuat pelanggan ragu-ragu, dan akhirnya, mereka memutuskan untuk membeli apa yang ditawarkan Vollard karena takut akan mendapatkan yang lebih buruk lagi. Ini adalah taktik yang baik untuk digunakan pada orang yang ragu-ragu.
Pilihan Pinggir Jurang: Orang yang lemah adalah yang paling mudah dikendalikan dengan mengontrol pilihan mereka. Kardinal de Retz, seorang provokator abad ke-17 dari Perancis, menghadapi Duke of Orléans yang sering bimbang. Retz menggambarkan bahaya-bahaya yang mengerikan kepada sang duke, melebih-lebihkannya, hingga sang duke hanya melihat satu pilihan yang harus diambil: yang didorong oleh Retz. Ini mirip dengan “Mewarnai Pilihan,” tetapi dengan orang yang lemah, Anda harus lebih agresif. Manfaatkan emosi mereka, seperti rasa takut, untuk mendorong mereka bertindak, karena alasan tidak akan cukup untuk membuat mereka bersikap.
Saudara dalam Kejahatan: Teknik ini melibatkan penarikan korban Anda dalam skema tipu muslihat. Anda menciptakan ikatan antara Anda dan korban, biasanya melalui rasa bersalah atau keterlibatan mereka dalam tindak kejahatan. Ini membuat mereka mudah untuk dimanipulasi. Contohnya, Serge Stavisky, penipu besar Prancis pada tahun 1920-an, melibatkan pemerintah dalam penipuannya sehingga negara tidak berani menuntutnya dan memilih untuk membiarkannya.
Tanduk Dilema: Ide ini diilustrasikan dengan baik oleh Jenderal William Sherman selama Perang Saudara Amerika. Meskipun musuh tahu ke arah mana Sherman menuju, mereka tidak tahu apakah dia akan menyerang dari kiri atau kanan karena dia membagi pasukannya menjadi dua sayap. Ini adalah teknik yang sering digunakan dalam pengadilan, di mana pembela atau penuntut pada saat-saat tertentu mengarahkan dua kemungkinan penjelasan yang sama-sama merugikan atau menguntungkan saksi atau terdakwa, tergantung kepentingan yang berperkara.
Dalam persaingan, terkadang Anda perlu memaksa pihak lain membuat keputusan sulit. Jika pihak lain merasa bahwa ia sendiri adalah penyebab kekalahannya, ia akan lebih cenderung tunduk dan tidak akan membalas dendam. Maka akan lebih baik untuk membiarkan korban Anda memilih sendiri jalannya dan menyembunyikan peran Anda dalam memberikan pilihan tersebut sejauh mungkin.
Namun, perlu diingat bahwa dengan membatasi pilihan orang lain, Anda juga dapat membatasi pilihan Anda sendiri dalam beberapa situasi. Ada saat-saat di mana memberikan saingan Anda tingkat kebebasan yang besar dapat menguntungkan Anda. Ketika Anda membiarkan mereka beroperasi dengan bebas, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengawasi, mengumpulkan informasi, dan merencanakan strategi tipu muslihat Anda.