Training & Development

Permainan Manajerial The Marshmallow Challenge

Bermain adalah aktifitas yang menyenangkan bagi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa, mulai dari pelajar hingga karyawan. Sebuah pembelajaran juga akan jadi menyenangkan bila dilakukan dengan bermain. Kali ini kita akan membahas sebuah permainan yang cocok dilakukan oleh para karyawan yang mengandung unsur pembelajaran di dalamnya, terkhusus pembelajaran manajerial atau kerja sama tim.

Salah satu contoh permainan yang bertujuan melatih kemampuan manajerial atau kerja sama tim adalah “The Marshmallow Challenge”. Permainan ini pertama kali dicetuskan oleh Tom Wujec, seorang desainer dan penulis buku.

Tom Wujec adalah seorang desainer, penulis, dan pembicara dalam bidang inovasi, pemikiran desain, dan teknologi. Ia memiliki latar belakang pendidikan di bidang desain dan teknik, serta pengalaman yang luas dalam industri kreatif.

Wujec memperoleh gelar Sarjana Seni dalam Desain Industri dari Universitas Carleton di Kanada. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di bidang Desain Komunikasi Interaktif di Ontario College of Art and Design University.

Karir profesional Wujec sangat beragam dan mencakup berbagai aspek desain, teknologi, dan inovasi. Ia pernah bekerja sebagai desainer grafis, desainer produk, dan pengembang perangkat lunak. Ia juga pernah menjadi direktur kreatif di sebuah perusahaan teknologi terkemuka.

Selain itu, Wujec telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia inovasi dan pemikiran desain. Ia telah bekerja dengan berbagai perusahaan terkemuka seperti Autodesk, IBM, Microsoft, dan Disney. Ia juga menjadi anggota dewan penasihat di berbagai organisasi dan lembaga pendidikan.

Permainan “The Marshmallow Challenge” pertama kali dicetuskan oleh Tom Wujec pada tahun 2005. Ide permainan ini muncul saat Wujec bekerja dengan tim di Stanford University dalam sebuah proyek penelitian tentang inovasi dan desain. Ia ingin menciptakan sebuah aktivitas yang dapat mengajarkan konsep-konsep penting dalam desain dan inovasi kepada para peserta.

Wujec merancang “The Marshmallow Challenge” sebagai sebuah permainan yang melibatkan kerja tim, kreativitas, dan pemecahan masalah dalam kondisi yang terbatas. Ia memilih bahan-bahan sederhana seperti marshmallow, spaghetti, selotip, dan tali rafia sebagai elemen utama dalam permainan ini.

Sejak itu, “The Marshmallow Challenge” banyak digunakan di berbagai lingkungan, termasuk perusahaan, sekolah, dan organisasi. Permainan ini telah membantu ribuan orang untuk mengembangkan kemampuan manajerial, kerja tim, dan pemikiran kreatif.

Cara memainkan “The Marshmallow Challenge” adalah sebagai berikut:

Bagilah peserta menjadi kelompok-kelompok kecil, idealnya sekitar 4-6 orang dalam setiap kelompok.

Setiap kelompok diberikan satu marshmallow, sejumlah spaghetti kering, sejumlah selotip, dan sejumlah tali rafia.

Tantangan bagi setiap kelompok adalah untuk membangun struktur tertinggi yang mampu menopang marshmallow di bagian atasnya dalam waktu yang ditentukan, misalnya dua puluh menit.

Hanya bahan-bahan yang diberikan yang boleh digunakan, tanpa bantuan bahan lain.

Setelah waktu yang ditentukan berakhir, setiap kelompok akan mempresentasikan struktur yang mereka bangun dan marshmallow yang berhasil ditempatkan di atasnya.

Evaluasi dilakukan berdasarkan tinggi struktur yang berhasil dibangun dan stabilitasnya.

Permainan ini melibatkan aspek-aspek manajerial seperti perencanaan, komunikasi, koordinasi, pengambilan keputusan, dan manajemen waktu. Selain itu, permainan ini juga melatih kreativitas, inovasi, dan pemecahan masalah dalam kondisi yang terbatas.

“The Marshmallow Challenge” adalah permainan yang menyenangkan dan interaktif, yang mendorong kolaborasi tim dan berpikir kreatif. Dengan memainkan permainan ini, para karyawan dapat meningkatkan kemampuan manajerial mereka, termasuk kemampuan bekerja dalam tim, mengelola sumber daya yang terbatas, dan beradaptasi dengan perubahan situasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *