BCG Matrix 2

Sapi perah. 

Produk yang diklasifikasikan di bagian ini adalah yang paling menguntungkan, lebih banyak mendatangkan pemasukan daripada pengeluaran, dan harus “diperah” untuk menghasilkan penghasilan sebanyak mungkin. Pemasukan yang diperoleh dari “sapi” biasanya diinvestasikan kepada bintang – agar semakin tumbuh, membaayar hutang, dividen, dan membiayai riset. Menurut matriks ini, perusahaan seharusnya tidak berinvestasi pada sapi perah untuk mendorong pertumbuhan tetapi hanya untuk mempertahankan pangsa pasar mereka saat ini. 

Ini tidak selalu benar. Sapi perah bisa saja menjadi produk yang mampu melakukan inovasi atau proses pembaruan, yang dapat menjadi bintang baru. Jika tidak ada dukungan untuk sapi perah, merk kategori ini tidak akan mampu melakukan inovasi semacam itu.

Strategi produk: Ekspansi, diversifikasi, divestasi, penghematan

Anjing. 

Perumpamaan ini dipakai karena anjing sebagai hewan peliharaan menghabiskan banyak biaya perawatan. Produk yang menempati klasifikasi ini menguasai pangsa pasar yang rendah dibandingkan dengan pesaing dan bermain di pasar yang tumbuh dengan lambat. Secara umum, produk ini tidak layak mendapat investasi karena menghasilkan keuntungan yang rendah atau negatif.

Ini tidak selalu benar. Beberapa produk pada golongan ini bisa saja menguntungkan dalam jangka panjang. Produk ini bisa saja memberikan sinergi untuk produk yang lain atau sebagai tindakan sederhana untuk pertahanan melawan gerakan pesaing. Oleh karena itu, penting untuk melakukan analisis lebih dalam terhadap suatu produk untuk memastikan bahwa suatu unit bisnis benar-benar tidak layak mendapat investasi atau harus mengalami divestasi.

Strategi produk: Penghematan, divestasi, penghapusan.

Tanda tanya. 

Tanda tanya adalah produk yang membutuhkan pertimbangan lebih mendalam. Produk ini memiliki pangsa pasar yang rendah di pasar yang berkembang pesat yang membutuhkan banyak pendanaan dan menimbulkan kerugian. Produk ini berpotensi untuk mendapatkan pangsa pasar dan menjadi bintang, yang nantinya akan menjadi sapi perah. 

Tanda tanya tidak selalu berhasil, bahkan setelah sejumlah besar investasi untuk mendapatkan pangsa pasar malah akhirnya menjadi anjing. Oleh karena itu, produk ini memerlukan pertimbangan yang sangat cermat untuk memutuskan apakah produk ini layak mendapat investasi atau tidak.

Strategi produk: Penetrasi dan pengembangan pasar, pengembangan produk, divestasi.

Kuadran matriks BCG adalah versi realitas yang disederhanakan dan tidak dapat diterapkan secara membabi buta. Perangkat ini dapat membantu sebagai pedoman investasi umum tetapi tidak boleh mengubah pemikiran strategis. Bisnis harus mengandalkan pertimbangan manajemen, kekuatan dan kelemahan unit bisnis dan faktor lingkungan eksternal untuk membuat keputusan investasi yang lebih masuk akal.

Keunggulan

Beberapa poin keunggulan matriks ini antara lain:

  • Mudah dilakukan;
  • Membantu memahami posisi strategis portofolio bisnis;
  • Titik awal yang baik untuk analisis lebih lanjut yang lebih menyeluruh.

bersambung ke bag. 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.