Pentingnya Membuat Rencana

Agar berhasil dalam setiap usaha, diperlukan adanya rencana. Setelah rencana dibuat, Anda perlu beradaptasi dan memiliki fleksibilitas karena pasti akan ada rintangan menghadang Anda. Namun mereka yang begitu bersemangat mencapai target dan dipengaruhi tren saat ini yang serba cepat, membuat mereka langsung berlari tanpa membuat perencanaan.

Berikut terdapat sebuah permainan kelompok yang disebut “pelelangan dan negosiasi”. Permainan ini bisa menunjukkan pentingnya peran perencanaan.

Permainan ini dimulai dengan mengadakan pelelangan dengan nilai maksimal 100. Penawaran pertama sebesar 10 dan dengan kenaikan penawaran sebesar 5. Di akhir permainan ini akan dipilih 2 orang yang harus membayarkan penawarannya tapi hanya 1 orang yang memenangkan pelelangan.

Ternyata 9 dari 10 percobaan permainan memiliki pola yang identik. Di tahap awal semua pemain memulai dengan penawaran kecil. Dengan cepat nilai akan beranjak jadi 50. Setelah titik itu, tersisa beberapa pemain. Beberapa yang tersisa terus menawar. Hingga pada titik tertentu terdapat perubahan , yang awalnya ingin memenangkan penawaran sebesar 100 menjadi bagaimana mengalahkan pemain lain, mereka tidak mau kehilangan muka di hadapan rekan yang lain. Sering kali nilai penawaran melebihi 100.
Setelah permainan, akan berguna untuk membedah apa yang terjadi dengan tim Anda, dan apa yang dapat dipelajari darinya. Para pemain biasanya akan menceritakan bagaimana motif mereka berubah. Dari yang awalnya ingin memenangkan penawaran sebesar 100 menjadi tidak ingin kalah, walau harus melebihi batas 100.

Meskipun permainan ini awalnya dirancang untuk berlatih negosiasi, ini juga bisa menunjukkan perlunya rencana dan fleksibilitas ketika mencoba mencapai tujuan yang tampaknya sederhana. Selanjutnya mari kita lihat beberapa pendekatan berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menyusun perencanaan sekaligus memastikan rencana itu cukup fleksibel:

Perencanaan jalur cepat
Ini adalah teknik yang baik untuk membuat rencana proyek lengkap dalam waktu kurang dari satu hari, bahkan untuk proyek yang kompleks.

Panduan Top Down
Pendekatan ini menempatkan titik berat di lapangan di mana perencanaan dieksekusi. Ini berguna ketika terdapat ambiguitas tentang bagaimana cara terbaik untuk mencapai tujuan proyek, karena dengan menitikberatkan aspek lapangan, akan memaksa tim untuk membuat keputusan terbaik. Teknik ini memfokuskan tim mana yang penting untuk dicapai dan mana yang tidak.

Perencanaan dan Risiko
Pendekatan ini bertujuan untuk mencapai keberhasilan dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan terburuk . Perencanaan disusun sedemikian rupa hingga target masih bisa tercapai walau mengalami pemotongan anggaran, progres melambat, atau pengurangan sumber daya lainnya.

Perencanaan skenario
Ini adalah model perencanaan yang dapat digunakan di semua tahap selama proyek dan program untuk membantu membuat rencana Anda lebih tahan terhadap perubahan tak terduga.

Struktur rincian kerja
Setiap proyek perlu tahu persis apa yang ingin dihasilkan, dan ini adalah metode perencanaan yang dapat membantu Anda menentukan dengan tepat apa yang harus dikerjakan oleh seluruh anggota tim.

Demikianlah, melalui sebuah permainan sepele ternyata bisa menunjukkan betapa penting peran perencanaan bagi suatu urusan sesederhana apapun urusan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.