Cara mengetahui gaji yang pantas untuk AndaSemua orang termasuk Anda tentu ingin gaji yang berlipat ganda dari yang sekarang. Anda juga sudah pasti ingin bekerja menjadi manajer pada sebuah perusahaan multinasional yang menawarkan gaji hingga 40 juta lebih per bulannya, dan itu belum plus fasilitas lainnya, seperti fasilitas mobil Fortuner keluaran terbaru. Anda pasti tergoda untuk mengatakan YA! Jika mendapatkan tawaran seperti itu. Apalagi, mengingat sekarang biaya hidup sudah semakin tinggi. Di mana harga rumah selalu naik dari tahun ke tahunnya, bahkan dibandingkan 10 tahun yang lalu saja sudah naik hingga 9 kali lipat lebih. Bahkan rumah dengan luas 70 m2 saja sekarang sudah mencapai angka 450 jutaan, bahkan bisa lebih dari itu, khususnya jika rumah tersebut berlokasi di wilayah yang cukup strategis di kota besar. Mari baca selengkapnya cara mengetahui gaji yang pantas untuk Anda.

Cuma dengan gaji sebesar Rp 15.000.000,00 Anda mungkin saja baru dapat menyicil untuk beli rumah. Anda tak mungkin selamanya tinggal di rumah mertua bukan? Sekarang, kembali ke pertanyaan pertama, sebelum membahas lebih lanjut. “Berapakah gaji yang tepat untuk diri Anda?” juga, yang tidak kalah penting yaitu bagaimana sesungguhnya cara yang tepat bagi Anda untuk menentukan gaji yang paling tepat bagi pekerjaan yang Anda kerjakan setiap hari tersebut. Anda harus mengetahui ini semua, jangan menganggap sepele.

Faktor kunci menentukan besaran gaji

Dari sini Anda sudah mendapatkan 2 faktor kunci untuk membantu menentukan besaran gaji yang memang selayaknya Anda dapatkan. Untuk lebih detailnya, bisa Anda baca di bawah ini:

  1. Job value

Harga jual pekerjaan Anda (Job value) sangat berpengaruh terhadap besaran gaji yang memang selayaknya Anda dapatkan. Di mana jika pekerjaan yang Anda kerjakan itu sifatnya semakin kompleks, maka sudah pasti gaji yang dibayarkan semakin tinggi. Namun apabila pekerjaan Anda tak membutuhkan kemampuan atau skill yang tinggi, dengan kata lain low skills job, maka gaji sebesar UMR sudah bagus. Masih ada beberapa perusahaan rumah tangga yang memberikan gaji di bawah UMR, bahkan di kota besar sekalipun, itu karena memang pekerjaan tersebut termasuk ke dalam jenis low skills job.

 

  1. Skala perusahaan

Perusahaan besar dengan perusahaan kecil memiliki standar gaji yang berbeda, walaupun memang sudah seharusnya minimal sebesar UMR. Sebagai contoh nyata, Anda dapat melihat jika Anda bekerja pada perusahaan skala multinasional, contohnya Citibank atau Unilever, maka tidak menutup kemungkinan walaupun Anda adalah fresh graduate namun bisa mendapatkan gaji tembus hingga Rp 8.000.000,00 per bulannya. Padahal itu hanya lulusan S1, mungkin bisa lebih jika Anda sudah lulus S2 dan memiliki pengalaman lebih. Ini tentunya akan berbeda jika dibandingkan dengan Anda bekerja pada perusahaan dengan skala kecil dan menengah, apalagi perusahaan rumah tangga. Gajinya bisa di bawah 20 juta.

Jadi, di sini penting untuk diketahui jika Anda ingin meningkatkan gaji Anda, maka Anda harus mengasah skill. Anda dapat mempelajari sesuatu yang baru. Dengan begitu kompetensi Anda pun akan semakin meningkat. Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Dengan begitu job yang lebih kompleks pun bisa Anda dapatkan dan tangani, yang tentunya diiringi oleh gaji yang lebih besar dan sesuai untuk menghadapi kebutuhan di jaman modern sekarang ini. Sekian artikel tentang cara mengetahui gaji yang pantas untuk Anda, semoga bermanfaat