Apa yang Perlu Dilakukan Para Profesional Bidang SDM Agar Sukses (bag 1)

Alasan umum yang diungkapkan oleh para profesional bidang HRD saat memilih jalur karier mereka adalah karena dirinya adalah orang yang mudah bergaul dan suka membantu orang lain. Meskipun itu adalah alasan yang cukup baik untuk memulai, itu tidak cukup untuk menjadi sukses. Terdapat beberapa kiat agar profesi SDM dapat Anda jalankan dengan efektif.

Memiliki visi.

Ketahui apa yang ingin Anda capai — dan mengapa. Ada banyak contoh yang tersedia dan dengan sedikit riset akan mampu memberikan gambaran berbagai opsi yang tersedia. Pelajari semua yang dapat Anda temukan dalam bisnis perusahaan  dan jalin jaringan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan keahlian. Jelaskan tujuan Anda, uraikan setiap kesempatan yang Anda temukan. Diskusikan ide-ide Anda dengan tim kepemimpinan Anda untuk mendapatkan masukan dan dukungan mereka.

Contoh Visi tersebut misalnya, tingkat perputaran karyawan 11 persen per tahun, tidak ada keluhan atau permasalahan arbitrase dalam setahun, meningkatkan kepuasan kerja sebesar 10 persen dalam setahun, dan sebagainya.

Jadilah pemikir strategis.

Setiap organisasi membutuhkan pemimpin SDM yang selaras dengan tujuan perusahaan dan mendukungnya. Karyawan di setiap level harus mengetahui dan memahami peran mereka dalam mendukung budaya dan filosofi SDM perusahaan.

Misalnya, perusahaan menginginkan tim yang ramping dan mandiri, jadi SDM merancang perangkat yang dapat digunakan oleh manajer dan karyawan untuk mencatat dan melihat informasi terkait SDM mereka sendiri. Tim SDM melatih mereka menggunakan dan memantau pemanfaatan serta efektivitas perangkat itu. Maka dalam hal ini, SDM menjadi mitra strategis bukan sekadar administrasi saja.

 Menjadi komunikator yang hebat.

Anda adalah juru bicara budaya organisasi perusahaan, jadi berusahalah untuk mengisi peran tersebut dengan cara seperti: 

  • Menggunakan keahlian Anda untuk membantu orang lain berkomunikasi secara lebih efektif dalam rapat, di acara perusahaan, dan dalam orientasi karyawan baru.
  • Berlatih teknik berbicara yang baik, lalu sampaikan di setiap pertemuan karyawan  tentang berbagai program tim HRD.

Bersikaplah fleksibel.

Pertama, jangan enggan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Anda perlu mempelajari hal-hal baru hasil dari kemajuan dan perubahan di seluruh industri dan profesi SDM. Alokasikan waktu baik secara online maupun pertemuan langsung untuk mempelajari pengetahuan baru. Pertimbangkan untuk mensponsori pertemuan bisnis dan industri sejenis di perusahaan, untuk memperluas jaringan yang dimiliki staf Anda.

Kedua, mencoba hal-hal baru. Sebab perubahan yang terjadi di dunia menuntut kebijakan yang Anda gunakan di masa lalu perlu diperbarui. Perubahan peraturan paling perlu untuk mendapat perhatian. Bagaimana cara terbaik menyesuaikan penerapan aturan terbaru.

Ketiga, menjadi pelopor perubahan. Peran SDM harusnya menawarkan platform yang sempurna untuk belajar, memimpin diskusi tentang perubahan, dan bahkan memengaruhi perubahan itu sendiri.

Keempat, mengelola perubahan secara efektif. Menemukan ide-ide cemerlang dan menerapkannya adalah satu kesatuan. Ide-ide hebat membutuhkan waktu dan upaya untuk diterapkan, dan harus ada yang mengelolanya. Pelajari praktik terbaik manajemen proyek sehingga Anda dapat memimpin perubahan ini. Ketahui apa yang tersedia, gunakan semua sumber daya yang dapat Anda temukan dan ambil peran utama dalam implementasi rencana SDM Anda.

Beberapa hal di atas merupakan sebagian dari serangkaian kiat yang layak dilakukan para profesional bidang SDM demi mencapai kesuksesan berkarir. Sebagian kiat yang lain kami sajikan dalam tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.