Memanfaatkan Situasi Perlambatan Bisnis untuk Mengembangkan Kualitas Karyawan

Sementara beberapa bidang bisnis mulai beroperasi dengan segala pembatasan dan penyesuaian, banyak lingkungan kantor lainnya masih dalam situasi terpaksa bekerja secara online. Saat ini mungkin waktu yang tepat untuk memikirkan bagaimana caranya kita dapat memanfaatkan periode yang penuh keraguan ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan kualitas tempat kerja kita.

Hal ini mungkin juga merupakan kesempatan untuk membuat karyawan tetap berkontribusi pada bisnis yang kita usahakan untuk survive melewati masa penuh tantangan seperti ini.

Berikut ini bisa jadi pertimbangan untuk mengidentifikasi beberapa tugas yang bisa meningkatkan kualitas kerja di organisasi. Diharapkan aktifitas ini mampu menyediakan lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan keahlian dan efisiensi para karyawan.

Pelatihan Silang

Mungkin keadaan darurat akibat pandemi ini telah membuka sebuah kenyataan bahwa terdapat kondisi yang mengkhawatirkan jika cuti yang tidak terduga muncul di suatu departemen. 

Daripada mengalami kebingungan di menit-menit terakhir untuk menutupi kehilangan di suatu posisi, gunakan waktu ini untuk melatih silang karyawan dengan berbagai keterampilan di luar tanggung jawab normal mereka.

Dengan metode non-diskriminatif, identifikasi karyawan yang dapat direposisi dalam keadaan darurat atau dapat mengambil tanggung jawab tambahan saat diperlukan. Untuk kemudian memberi mereka pelatih atau seseorang untuk dibayangi selama menangani proyek yang cukup penting.

Anda dapat menciptakan tenaga kerja yang memiliki keragaman keterampilan. Keberadaan mereka akan memberikan jaminan yang lebih baik selama keadaan darurat atau saat ada kondisi cuti mendadak.

Dengan meminta individu untuk mengajari orang lain bagaimana bekerja dengan baik di posisi mereka, itu akan merangsang pemikiran dan kreativitas. Menjadikannya lebih efisien dan memberi nilai lebih bagi bisnis Anda. Mereka juga akan merasa menjadi bagian tim yang lebih berarti.

Menjadwalkan Sesi pelatihan

Membuat sesi pelatihan di perusahaan selangkah lebih maju, mencari peluang pengembangan karyawan. Salah satu caranya dengan menugaskan staf senior atau yang dianggap lebih berpengalaman untuk mengidentifikasi karyawan yang lebih junior atau kurang berpengalaman. Lalu memberikan mereka sesi khusus yang berfokus pada teknik tertentu, trik perdagangan, atau informasi khusus yang spesifik pada sektor bisnis perusahaan, dan mengatur jadwal pelatihan yang berfokus pada topik tersebut.

Mungkin para senior dapat mengajari rekan departemen penjualan yang baru tentang cara merespons pelanggan dalam keadaan tertentu dan menunjukkan kepada karyawan baru mengenai semua sumber daya yang tersedia di perusahaan. Atau sekadar memberikan penjelasan mendetail tentang perusahaan, alih-alih hanya mengandalkan staf untuk memberi tahu mereka “memang begitulah cara kami selalu melakukannya.” 

Juga, jika memungkinkan, sediakan sumber daya yang meningkatkan hubungan mentoring. Tidak diragukan lagi banyak sesi dapat dilakukan melalui pertemuan “Zoom”.

Intinya

Kecuali jika organisasi Anda sudah memiliki staf karyawan yang sempurna, Anda dapat menemukan setidaknya satu poin di antara beberapa daftar di atas pada setiap anggota tim untuk mendapat peningkatan. Pada kondisi sekarang ini kita mungkin memiliki lebih banyak waktu. Gunakan kesempatan waktu saat ini untuk perbaikan, daripada menunggu sampai perusahaan harus menyediakan waktu ekstra dalam kondisi normal untuk mengatasi masalah yang perlu diperhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.