Apa itu Keterampilan Interpersonal? (bag 5)

Jika Anda telah sampai pada titik ini, maka Anda akan menyadari bahwa ada banyak keterampilan interpersonal yang dapat Anda ambil untuk ditingkatkan. Masalahnya adalah mengetahui dari mana harus memulai.

Cara Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

Karena meningkatkan keterampilan interpersonal adalah perjalanan seumur hidup. Selalu ada sesuatu yang bisa diperbaiki. Berikut ini adalah serangkaian langkah cepat untuk membantu meningkatkan keterampilan interpersonal Anda.

1. Ambil Buah yang paling mudah diraih

Beberapa keterampilan interpersonal membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikuasai, tetapi jika Anda ingin membentuk keterampilan Anda dengan cepat, maka mengapa tidak memulainya dengan beberapa keterampilan yang paling mudah dikuasai. Beberapa keterampilan itu antara lain:

  • Memiliki sikap positif: jelas tidak mungkin bersikap positif sepanjang waktu, tetapi mudah untuk mempraktikkannya. Dalam situs ini terdapat beberapa artikel yang membahas tentang bagaimana mengikis pemikiran negatif yang menghambat kemajuan kualitas pribadi.
  • Lebih sering tersenyum: Ini bisa terasa canggung pada awalnya tetapi menjadi lebih mudah dengan sedikit latihan. Mengapa tidak mencoba tersenyum hanya pada satu orang setiap hari untuk memulai dan mengamati bagaimana hal itu mengubah kualitas interaksi Anda?
  • Berlatih mendengarkan secara aktif: sekali lagi, mulailah dari yang kecil. Cobalah untuk secara aktif mendengarkan hanya satu orang setiap hari dengan mengangguk ketika Anda setuju dengan mereka, meringkas apa yang mereka katakan, menunjukkan empati, dan mengajukan pertanyaan.
  • Berlatihlah memberikan masukan yang membangun: memberikan masukan yang membangun tidak harus sesuatu yang rumit. Anda bisa mulai dengan hanya memberikan pujian untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik dan kemudian mengembangkannya sedikit demi sedikit.
  • Latih keterampilan komunikasi nonverbal Anda: memperbaiki postur tubuh Anda, melakukan kontak mata atau pastikan untuk tidak melirik ponsel Anda saat sedang rapat.

Beberapa strategi di atas bisa langsung dicoba. Jika Anda ingin semuanya tetap sederhana, Anda bisa mulai dengan mengambil salah satunya dan mempraktikkannya hanya selama 30 menit setiap hari, sebelum lanjut mencoba yang lain.

2. Tingkatkan Kecerdasan Emosional Anda

Kecerdasan emosional atau EI adalah kemampuan untuk mengenali emosi Anda, memproses dan memahaminya, dan mengamati bagaimana pengaruhnya terhadap orang-orang di sekitar Anda. Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi berarti Anda tidak hanya memahami emosi diri sendiri, tetapi juga memahami emosi orang lain.

Orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi cenderung lebih sukses daripada orang dengan kecerdasan emosional yang rendah. Dalam situs ini terdapat artikel yang khusus membahas tema kecerdasan emosional ini.

3. Tingkatkan Kemampuan Manajemen Stres Anda

Meningkatkan kemampuan Anda untuk mengelola dan mengatasi stres dapat menghasilkan keterampilan interpersonal yang lebih baik. Misalnya, seseorang yang merasa tersiksa sebelum melakukan presentasi akan memberikan kinerja yang lebih baik jika ia mampu mengendalikan emosinya.

4. Tingkatkan Ketegasan Anda

5. Tingkatkan Kemampuan Kerja Tim Anda

6. Berlatih Melakukan Peningkatan Berkelanjutan

Perbaikan berkelanjutan adalah proses terstruktur di mana kita terus mencoba membuat proses yang lebih baik. Prinsip yang juga sering disebut-sebut oleh para pemuka agama Islam di forum pengajian, yaitu prinsip yang menyatakan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemaren dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Penutup

Poin terpenting sebagai kesimpulan adalah keterampilan interpersonal merupakan kemampuan berinteraksi dengan orang lain yang kita gunakan setiap hari. Semakin baik kemampuan ini, semakin besar peluang kesuksesan kita. Terlepas dari tingkat keterampilan interpersonal Anda saat ini, kemampuan ini dapat ditingkatkan selama hidup kita. Dimulai dari aspek yang paling mudah bagi Anda lalu bergeser melatih keterampilan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.