Hexaco2: Memahami Model Kepribadian Hexaco

Model kepribadian Hexaco memberi pemahaman mendalam tentang diri Anda dengan memetakan karakter Anda menjadi enam dimensi kepribadian. Mari kita pelajari setiap dimensi model kepribadian ini. 

Semua dimensi ini dinilai dalam skala rendah hingga tinggi. Terlalu tinggi atau terlalu rendah di aspek mana pun perlu Anda benahi. Tidak ada nilai benar atau salah dalam hal ini. Di posisi manapun Anda sekarang yang terpenting adalah melakukan perbaikan diri.

1. Kejujuran-Kerendahan Hati

Jika Anda memiliki kejujuran dan kerendahan hati yang tinggi, Anda tulus dalam hubungan interpersonal. Anda tidak memanipulasi orang lain untuk keuntungan pribadi. Anda mengatakan yang sebenarnya dan berpegang pada aturan.

Sebaliknya, jika Anda rendah dalam kejujuran dan kerendahan hati, Anda berkecenderungan menipu dan memanipulasi orang lain untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Anda dimotivasi oleh kekayaan dan memiliki rasa harga diri yang kuat.

2. Emosionalitas (Neuroticisme)

Jika Anda memiliki emosi yang tinggi, Anda cenderung terlalu sensitif dan membutuhkan dukungan emosional dari orang lain. Anda cenderung khawatir, takut, cemas, dan rentan dalam menghadapi tantangan. Anda cenderung menghindari perasaan terluka, mudah tersinggung atau kesal ketika ada yang tidak beres.

Di sisi seberang, Anda tidak memiliki masalah dalam menghadapi situasi stres dan sangat mandiri serta stabil. Anda bisa tidak merasa ada kesamaan secara emosional dengan orang lain dan memiliki sikap terlalu tenang ketika menghadapi risiko apapun.

3. Ekstroversi

Jika Anda memiliki sifat ekstrover yang tinggi, Anda memiliki banyak energi dan secara aktif mencari sumber rangsangan. Anda sering berkembang dalam situasi sosial tetapi kurang nyaman menghabiskan waktu sendiri. Anda memiliki antusiasme yang tinggi dan suka memimpin percakapan dalam kelompok besar.

Di sisi lain, jika Anda rendah dalam hal Ekstroversi (introvert), Anda memilih untuk tidak menjadi pusat perhatian. Anda bisa menjadi terlalu peka hingga merasa tak nyaman dalam situasi sosial yang besar, dan ini menguras energi Anda. Untuk pulih, Anda suka menghabiskan waktu sendirian. Meskipun Anda mungkin memiliki ide-ide berguna, Anda tidak mau tampil.

4. Kesesuaian

Jika Anda orang yang mudah menyesuaikan, Anda bersedia untuk bekerja sama dan berkompromi dengan orang lain. Anda cenderung pemaaf dan sabar serta tenang dalam menghadapi situasi sulit.

Jika Anda sulit melakukan penyesuaian, Anda adalah orang yang tangguh mempertahankan pandangan Anda, dan kritis terhadap orang lain. Anda memiliki sedikit kesabaran, sangat kompetitif, dan sanggup menghadapi orang lain dengan amarah.

5. Kesadaran

Jika Anda memiliki kesadaran yang tinggi, Anda dapat diandalkan serta memiliki rasa tanggung jawab yang kuat. Anda terorganisir, fokus mencapai tujuan dan berhati-hati saat membuat keputusan.

Kesadaran yang rendah membuat Anda cenderung diarahkan oleh dorongan hati, menghindari tugas sulit dan cenderung tidak teratur.

6. Keterbukaan

Keterbukaan tinggi membuat Anda ingin tahu tentang dunia, suka menjelajahi hal-hal baru – lebih cenderung menggunakan imajinasi secara bebas dan kreatif, suka ide-ide yang tidak biasa, menghargai keindahan, seni, dan alam.

Jika Anda memiliki tingkat keterbukaan yang rendah , Anda merasa sulit untuk menerima perubahan, dan karenanya tetap berada dalam zona nyaman. Anda bukanlah orang yang ingin tahu secara intelektual, jadi ide atau aktivitas yang berbeda membuat Anda tidak nyaman.

Dengan panduan di atas, Anda dapat merefleksikan hasilnya dan mengidentifikasi aspek yang ingin Anda tingkatkan. Lebih baik lagi bila dilengkapi dengan umpan balik dari kolega Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.