Hexaco1: Mengenal Model Kepribadian Hexaco

Model kepribadian Hexaco memberi pemahaman mendalam tentang diri Anda dengan memetakan karakter Anda menjadi enam dimensi kepribadian.

Mengapa ini berguna? Karena sebagai manusia kita semua memiliki titik buta, dan akibatnya, kita tidak pandai mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kita.

Bayangkan seseorang yang suka menjadi pusat perhatian, sehingga tanpa disadari ia tidak pernah memberi orang lain kesempatan untuk mengungkapkan pendapat. Memiliki kesadaran diri yang buruk seperti ini berarti ia memiliki titik buta.

Alasan yang lain adalah karena seseorang dapat terjebak dalam sebuah kondisi yang mana ia melebih-lebihkan kemampuannya. Ia tidak dapat melihat perbedaan antara kemampuan yang ia rasakan dan kemampuan sebenarnya.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah titik butaini? Satu-satunya cara untuk menemukan titik buta adalah melalui beberapa bentuk umpan balik. Salah satu cara untuk mendapatkan umpan balik adalah dari orang lain; cara lainnya adalah dengan mengikuti tes kepribadian.

Tes kepribadian mungkin bisa menyoroti beberapa hal yang belum diketahui tentang diri Anda. Ini dapat memunculkan dorongan untuk melihat perbedaan antara hasil tes dan apa yang Anda pikirkan tentang diri Anda.

Perspektif baru ini memberi Anda kesempatan untuk melihat diri Anda dalam sudut pandang yang lain. Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk mengatasi kelemahan Anda.

Ada banyak tes kepribadian yang bisa kita manfaatkan, salah satunya adalah tes kepribadian Hexaco berdasarkan model kepribadian Hexaco. Model kepribadian Hexaco terdiri dari model kepribadian manusia enam dimensi. Keenam dimensi tersebut adalah:

Kejujuran dan Kerendahan Hati

Sifat kejujuran-kerendahan hati menurut model kepribadian Hexaco adalah ukuran kesopanan, ketulusan, dan keadilan.

Emosionalitas (atau Neuroticisme)

Sifat emosional menggambarkan kecenderungan untuk menjadi rentan dalam menghadapi ketidakpastian.

Ekstroversi

Sifat ekstroversi adalah ukuran antusiasme dan ketegasan.

Kesesuaian

Sifat kemudahan menyesuaikan menurut model kepribadian Hexaco menyatakan tingkat kompromi  dan kesopanan.

Kesadaran

Kesadaran adalah ukuran ketekunan dan ketertiban serta dianggap sebagai faktor kunci keberhasilan di tempat kerja.

Keterbukaan.

Sifat keterbukaan menurut model kepribadian Hexaco adalah ukuran keingintahuan, transparansi, dan kecerdasan Anda.

Ada sejumlah kelebihan dan kekurangan model kepribadian Hexaco, antara lain:

Keunggulan

  • Tes Kepribadian Hexaco memberikan informasi yang berguna untuk membantu Anda memahami kekuatan dan kelemahan Anda untuk mendukung rencana pengembangan pribadi.
  • Tes kepribadian adalah alat pelatihan yang ampuh untuk memahami orang lain dan bagaimana Anda berhubungan dengan mereka sehingga Anda dapat mengatasi pekerjaan dan kehidupan dengan lebih baik.
  • Umpan balik memberi insentif untuk meningkatkan standar sambil menunjukkan kepada Anda titik-titik buta Anda.

Kekurangan

  • Anda dapat melewatkan wawasan yang paling berguna dalam sebuah ujian karena Anda mudah menipu diri sendiri dengan memiliki sikap bias terhadap sifat-sifat tertentu yang disukai.
  • Meskipun Anda mengetahui lebih banyak tentang diri Anda, tes tidak dapat memandu tindakan untuk perbaikan. Anda harus memikirkannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.