Mind Mapping atau Radial Thinking

Istilah ini mengacu pada satu sisi cara berpikir kreatif yang pada umumnya selalu dipertentangkan dengan berpikir linier. Menarik untuk dicatat bahwa penduduk asli Australia telah menggunakan prinsip mind mapping selama ribuan tahun; mereka menamainya sebagai “message stick”; bila diterjemahkan menjadi tongkat pesan.

Mind mapping adalah diagram yang menyajikan tema sentral suatu ide atau proyek dengan dikelilingi pancaran pikiran dan tindakan terkait.

Mind mapping, atau dalam artikel ini kita istilahkan sebagai pemetaan pikiran, merepresentasikan cara kerja otak, terutama korteks serebral; saat melakukan tugasnya, sel otak membuat banyak percabangan yang mana sel-sel itu dapat saling terhubung semuanya, satu sel otak dapat tersambung dengan sel otak lainnya melalui bermacam kombinasi percabangan. Pemetaan pikiran adalah metode membuat gambar untuk mewakili kata-kata, ide, tugas, kegiatan disusun di sekitar tema sentral yang diekspresikan oleh kata kunci, diagram, simbol; melibatkan penciptaan asosiasi

· · Pemetaan pikiran dapat melipatgandakan kekuatan berpikir. Ini sangat berguna dalam pemikiran kreatif, persiapan pidato, pencatatan, perencanaan strategis, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, metode mengingat dan sebagai teknik komunikasi dan untuk pelatihan di semua tingkatan. Pemetaan pikiran adalah sebuah cara melatih sel otak untuk merangsang daya ingat plus kreativitas.

Sebuah gambar mampu mengungkapkan 1000 kata. Peta pikiran adalah contoh alat berpikir visual (gambar, sketsa, diagram, catatan tempel, bagan, grafik) yang dapat

  • membantu orang menyederhanakan, mengklarifikasi, dan mengembangkan pemahaman bersama tentang tantangan / masalah / peluang, dll. Cerita visual yang bagus sanggup memperkuat sebuah gagasan, dapat meningkatkan peluang terjadinya pemahaman dan dukungan untuk gagasan itu. Daripada hanya menggunakan kata-kata, menambahkan komponen gambar  untuk menyampaikan cerita membuat sebuah gagasan lebih berkesan, karena orang dapat segera mengidentifikasi sesuatu dengan gambar. Visual yang baik secara substansial meningkatkan peluang keberhasilan.
  • memahami lebih baik tentang gambaran umum suatu gagasan agar tidak terlalu fokus pada detail seputar proses, struktur, dan sistem
  • membantu berdiskusi, mengeksplorasi dan menemukan masalah / tantangan / peluang, dll. dengan memberikan jumlah formasi yang tepat sehingga pemirsa dapat memahami ide besarnya tetapi tidak terlalu detail yang pada akhirnya dapat mengalihkan perhatiannya
  • Mendorong berbagi informasi sehingga
  1. Asumsi implisit bisa menjadi informasi eksplisit sehingga dapat memberikan titik acuan.
  2. ditemukan istilah yang membuat orang memahami satu sama lain, agar dapat memfokuskan diskusi, dan mendukung pertukaran ide, pemahaman bersama, dan meningkatkan kekompakan tim.
  3. orang yang cenderung hanya memiliki pemahamanbeberapa elemen parsial dapat memahami keseluruhan konsep.
  4. memperrbanyak orang yang dapat memahami dan memiliki masukan yang konstruktif sehingga lebih banyak yang mengembangkan rasa memilikisebuah masalah.
  • Mengidentifikasi hubungan yang menunjukkan saling ketergantungan terutama bila ada banyak elemen yang terlibat.
  • mengisi bagian yang hilang, yaitu dialog mencari ide baru, melihat apa yang terjadi jika sebuah elemen dihapus atau diganti dengan yang baru.

Kebanyakan orang bereaksi lebih kuat terhadap gambar daripada kata-kata, karena gambar menyampaikan pesan secara instan. Gambar sederhana dapat mengungkapkan ide yang membutuhkan banyak kata. Beberapa contoh: figur tongkat dengan wajah tersenyum menunjukkan emosi; sekantong uang besar dan sekantong kecil uang menyampaikan proporsi.

Beberapa orang merasa malu dengan sketsa mereka yang terkesankekanak-kanakan. Padahal bisa jadi diagram batang sederhana lebih mudah diinterpretasikan daripada konsep abstrak yang diekspresikan dalam teks. Ada kesalahpahaman bahwa seseorang tidak boleh menggambar sesuatu kecuali dia memahaminya. Padahal, sketsa sederhana sudah bisa membantu orang untuk mendeskripsikan, mendiskusikan dan memahami hal-hal, terutama yang bersifat kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.