Tahapan Motivasi Monroe bag 3 – Proyeksi, Ajakan 

Pada bagian sebelumnya kita telah membahas langkah menawarkan solusi dalam presentasi kita. Lalu bagaimana selanjutnya?

Langkah-langkah yang harus Anda ikuti saat menawarkan solusi adalah:

  • Perkenalkan solusi atau rencana Anda. Cobalah untuk membuat ide itu tergambar lengkap tetapi ringkas dan hindari terlalu banyak detail. Anda telah bekerja keras untuk membawa audiens ke titik ini dan sayang bila harus kehilangan mereka sekarang.
  • Jika akan membutuhkan banyak waktu untuk menjelaskan rencana tersebut, rangkum informasi itu dalam urutan waktu pada poin-poin logis saat Anda mengerjakannya.
  • Hidupkan solusi Anda dengan menggunakan contoh dan cerita.
  • Bila terdapat  keberatan, singkirkan dengan memberikan argumen tandingan terhadap keberatan itu.

Yang Anda coba lakukan dalam langkah ini adalah membuat audiens memahami dengan jelas rencana Anda. Pada akhir langkah ini, audiens jelas akan memahami rencana tersebut, dan akan bertanya-tanya apa untungnya bagi mereka. Ingat: subjek favorit audiens adalah diri mereka sendiri.

Langkah 4: Visualisasikan Masa Depan

Pada langkah ini, setelah audiens memahami solusi yang Anda tawarkan, selanjutnya perlu diintensifkan ketertarikan mereka terhadap ide itu dengan menunjukkan bagaimana hal itu akan membuat hidup mereka lebih baik. Langkah ini sering disebut langkah proyeksi karena memvisualisasikan kenyataan di masa depan.

Ada tiga teknik yang dapat Anda gunakan untuk hal ini.

  • Metode Positif: Jelaskan bagaimana kenyataan akan terlihat jika rencana Anda diadopsi. Dengan metode ini, Anda mencoba menginspirasi audiens untuk menginginkan versi masa depan yang lebih baik ini.
  • Metode Negatif: Jelaskan bagaimana kenyataan akan terlihat jika rencana Anda tidak diadopsi. Dalam langkah ini kita melukiskan gambaran negatif, dengan fokus pada bagaimana realitas akan terlihat jika tidak ada perubahan. Salah satu cara langsung untuk menggunakan metode negatif adalah dengan mengambil fakta yang paling tidak diinginkan dari langkah kebutuhan Anda (langkah ke-2) dan memperkirakan ke masa depan, menciptakan gambaran yang suram.
  • Metode Kontras: Mulailah dengan menggambarkan gambaran negatif, dan kemudian tampilkan gambaran positif dengan menggambarkan dan memvisualisasikan dengan segamblang mungkin seperti apa kenyataan jika rencana Anda diterapkan.

Meskipun dilukiskan dengan sejelas mungkin, ingatlah bahwa visualisasi masa depan itu juga harus realistis. Jika tidak, maka Anda menghadapi risiko yang sangat nyata, yaitu kehilangan audiens.

Pada akhir langkah ini, audiens seharusnya menikmati memikirkan bagaimana masa depan akan terlihat jika rencana Anda diterapkan. Sudah tiba saatnya memotivasi mereka untuk bertindak sekarang!

Langkah 5: Ajakan Bertindak

Dalam langkah ini, Anda ingin mengubah keinginan yang telah Anda buat pada  audiens menjadi tindakan. Ungkapkan pada mereka apa yang harus mereka lakukan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin hanya meminta mereka untuk tidak melakukan apa-apa. Pada dasarnya dengan tidak keberatan, mereka secara implisit setuju dengan rencana yang sudah ditawarkan dan Anda akan mengambil langkah selanjutnya untuk memindahkannya ke implementasi.

Akhiri dengan memberikan seruan terakhir yang membangkitkan semangat yang mendorong audiens untuk mengambil tindakan sekarang juga!

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.