5 Tingkat Kepemimpinan

Artikel ini disarikan dari buku The 5 Levels of Leadership yang ditulis oleh John C. Maxwell. Buku ini berusaha menjawab beberapa pertanyaan mendasar tentang kepemimpinan, yaitu: di tingkat mana Anda sebagai seorang pemimpin saat ini, bagaimana Anda naik ke tingkat berikutnya, dan di mana tujuan akhir Anda sebagai seorang pemimpin?

Kepemimpinan diperoleh dengan perjalanan dan proses. Hanya karena ada kata “manajer” dalam jabatan Anda, itu tidak secara otomatis menjadikan Anda pemimpin yang baik.

Kepemimpinan berkaitan dengan bagaimana mengurus sekelompok orang dan dinamika di antara orang-orang itu. Maka semakin baik Anda dapat memengaruhi orang, semakin tinggi kemampuan kepemimpinan Anda.

Hal yang pertama dilakukan adalah menentukan dari 5 Tingkat Kepemimpinan ini, Anda saat ini berada di mana. Terdapat empat langkah yang bisa Anda lakukan untuk hal ini.

  • Anda menilainya sendiri.
  • Mencari penilaian dari setiap anggota tim.
  • Mengumpulkan penilaian dari anggota tim secara anonim.
  • Hitung hasilnya dari tiga penilaian di atas dan lihat di mana Anda berada.
  • John C. Maxwell adalah pakar kepemimpinan, pembicara,, dan penulis yang telah berhasil menjual jutaan eksemplar bukunya. Pada tahun 2014 Inc. Magazine menobatkannya sebagai pakar manajemen dan kepemimpinan terbaik.

    Apa saja 5 Tingkat Kepemimpinan yang dirumuskan oleh Maxwell? Berikut adalah gambaran yang sangat singkat dari masing-masing 5 Tingkat Kepemimpinan tersebut.

  • Tingkat 1: Posisi. Anak buah mematuhi Anda karena memang mereka harus melakukannya.
  • Tingkat 2: Kemauan. Anak buah mematuhi Anda karena keinginan mereka.
  • Tingkat 3: Produktifitas. Anak buah mematuhi Anda karena memandang apa yang telah Anda lakukan untuk organisasi.
  • Tingkat 4: Pengembangan Diri. Anak buah mematuhi Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk mereka.
  • Tingkat 5: Puncak. Orang-orang mengikuti dan mematuhi Anda karena melihatsiapa Anda dan gagasan apa yang anda wakili, tawarkan serta laksanakan. Anda mencapai tingkat ini ketika Anda bisa melahirkan pemimpin baru yang dengan sendirinya mampu membangun pemimpin. Diperkirakan bahwa kurang dari 1% pemimpin berhasil mencapai level ini.
  • Setiap orang memulai perjalanan kepemimpinan dari tingkat pertama. Maxwell menyediakan proses yang bisa diikuti semua orang agar tumbuh sebagai seorang pemimpin, dengan tujuan akhir untuk mencapai tingkat lima.

    Maxwell memberikan sepuluh wawasan yang dapat membantu Anda lebih memahami interaksi antar tingkatan.

    1. Saat Anda naik tingkat, Anda membangun yang sudah ada di tingkat sebelumnya. bukan meninggalkannya.
    2. Kepemimpinan itu dinamis. Anda dapat berada pada tingkat kepemimpinan yang berbeda dari satu anggota ke anggota lainnya.
    3. Semakin tinggi posisi, semakin mudah untuk memimpin.
    4. Tidak ada jalan pintas menuju ke tingkat selanjutnya. Setiap kenaikan tingkat membutuhkan lebih banyak waktu dan upaya dibanding kenaikan sebelumnya.
    5. Meskipun naik satu tingkat membutuhkan banyak waktu dan upaya, namun turun satu tingkat atau lebih bisa terjadi dengan sangat cepat.
    6. Semakin tinggi Anda melangkah, semakin besar hasil yang Anda dapat.
    7. Naik ke tingkat berikutnya selalu membutuhkan pertumbuhan.
    8. Tidak naik ke tingkat berikutnya tidak hanya membatasi Anda, tetapi juga membatasi anak buah Anda.
    9. Ketika Anda berganti posisi atau organisasi, jarang sekali Anda berada di tingkat yang sama.
    10. Anda tidak dapat menaiki tingkatan ini sendirian.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.