Tingkatan Pendelegasian bag 2

Artikel ini adalah bagian terakhir mengenai sebuah seni pendelegasian dalam organisasi bisnis, yang mana pada artikel sebelumnya kita membahas hingga tingkat ke-5 tangga pendelegasian.

Tingkat 6: “Selidiki, buat keputusan, dan lanjutkan. Beri tahu saya keputusan Anda dan hasilnya ”

Dengan opsi ini, penerima tugas memiliki kebebasan penuh untuk memilih dan bertindak sebagai solusi atas masalah yang sedang ia hadapi. Ia akan memberi tahu Anda setelah peristiwa keputusan diambil beserta hasilnya.

Tingkat 7: “Selidiki, buat keputusan, dan lanjutkan. Pelajari proses berikutnya tanpa melibatkan saya ”

Di sini penerima memiliki wewenang dan kendali penuh atas keputusan yang dibuat.Untuk menggunakan opsi ini, Anda harus memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kemampuan dan kompetensi individu yang bersangkutan, terutama karena keputusan yang ia ambil mungkin bisa merugikan Anda beberapa bulan kemudian. Akan sangat bermanfaat bila menggunakan pertemuan reguler antara Anda dan penerima untuk mengejar ketertinggalannya dengan sejawat lain sekaligus mempercepat kemajuan penerima di seluruh tugas-tugas utama.

Tingkat 8: “bagian ini sekarang menjadi tanggung jawab Anda”

Di sini Anda menyerahkan tanggung jawab jangka panjang untuk suatu bidang. Penerima akan memutuskan bagaimana menyelaraskan dengan strategi perusahaan. Penerima akan memutuskan proyek apa yang dibutuhkan dan bagaimana proyek itu akan diukur. Penerima akan memutuskan struktur dan orang-orang yang dibutuhkan dalam organisasinya. Tingkat pendelegasian ini biasanya terkait dengan penyerahan kepada penerus atau penyerahan tanggung jawab untuk seluruh unit bisnis.

Saat Anda menaikkan penerima ke anak tangga delegasi yang lebih tinggi, ia mendapatkan lebih banyak kebebasan, kontrol, dan otoritas. Anda memindahkan penerima ke atas tangga karena kedewasaannya dan kepercayaan Anda padanya semakin tumbuh. Dari sudut pandang Anda sebagai pihak yang melakukan pendelegasian, setiap langkah menaiki tangga pendelegasian memiliki manfaat untuk membebaskan dan melepaskan lebih banyak waktu.

Tentu saja, sangat mungkin akan lebih banyak tingkat delegasi daripada yang dijelaskan di atas – bahkan bisa jadi dengan beragam variasinya yang lebih detail. Itulah sebabnya seni delegasi yang sebenarnya adalah menentukan seperti apa versi tangga delegasi Anda sendiri. Mungkin hanya memiliki 4 anak tangga, atau bahkan memiliki belasan tingkat. Tidak ada aturan wajib atau formula dewa, cukup pilih apa yang dinilai paling tepat untuk situasi Anda. Jika Anda memimpin tim eksekutif yang berpengalaman maka Anda mungkin akan membutuhkan lebih sedikit anak tangga daripada jika memimpin sebuah kelompok dengan berbagai tingkat pengalaman dan otoritas.

Untuk menghindari kesalahpahaman dengan berbagai bentuknya dan menghindari masalah yang muncul karena kesenjangan, merupakan praktik yang harus dilakukan untuk mengadakan persetujuan secara eksplisit tentang tingkat delegasi yang Anda berikan kepada penerima. Ini perlu dilakukan dalam arti luas dan juga untuk tugas individu yang Anda delegasikan.

Pendelegasian adalah sesuatu yang kita lakukan untuk menyelesaikan sesuatu dan membebaskan waktu kita, tetapi berpikir dengan hati-hati tentang bagaimana kita mendelegasikan adalah sesuatu yang tidak dilakukan banyak orang. Dengan mendefinisikan dan menggunakan tangga delegasi, kita dapat meningkatkan keterampilan pendelegasian, keterampilan manajemen tim dan personalia, menghindari kesalahan pendelegasian, serta menghemat waktu yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.