Manfaat Dan Pentingnya Balanced Scorecard (bag 1)

Balanced scorecard digunakan untuk mengukur kinerja organisasi berdasarkan kriteria yang ditentukan. Ada beberapa manfaat dari balanced scorecard. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari keuntungan dari balanced scorecard dan memahami apa tujuan dari balanced scorecard.

Metode ini dikembangkan oleh Dr. Kaplan di Universitas Harvard. Sejak ide tersebut muncul di awal tahun 90-an, ide tersebut menjadi lebih populer, karena banyak organisasi telah memahami penggunaan Balanced scorecard.

Statistik membuktikan bahwa organisasi yang memahami pentingnya Balanced scorecard seringkali jauh lebih baik daripada organisasi yang tidak memiliki pendekatan manajemen kinerja berbasis strategi.

Beberapa manfaat dari balanced scorecard antara lain: Peningkatan perencanaan strategis, Peningkatan strategi komunikasi, Menyelaraskan pemangku kepentingan, Peningkatan pengukuran dan pelaporan, Menyelaraskan organisasi, dan Menyelaraskan proses.

Berikut kita akan membahas poin-poin di atas satu per satu.

1. Peningkatan perencanaan strategis.

Salah satu keuntungan menggunakan balanced scorecard adalah memungkinkan organisasi membuat struktur untuk strategi mereka. Sebuah peta strategi dibuat untuk menggambarkan model sebuah bisnis.

Mampu membuat strategi yang jelas memungkinkan manajemen dan organisasi secara keseluruhan untuk melihat tujuan dan memahami tujuan mana yang lebih berdampak, dan mana yang kurang berdampak. Prioritas lebih besar dapat diberikan pada strategi yang menciptakan dampak yang lebih positif,

Sebuah tim berkumpul untuk merencanakan dan memperdebatkan bagaimana strategi akan mempengaruhi satu sama lain, dan kemudian sebuah rencana akhir diputuskan. Fokusnya adalah pada hasil upaya dan pendorong utama kinerja. Ini membantu menciptakan gambaran lengkap tentang strategi.

2. Peningkatan strategi komunikasi.

Apapun strategi bisnis yang dipilih oleh sebuah organisasi, harus dipastikan bahwa semua pemangku kepentingan memahami apa rencana tindakan yang akan dilakukan organisasi. Balanced scorecard bisa digunakan sebagai alat komunikasi yang mudah dan efisien, memudahkan semua orang untuk memahami informasinya sehingga dapat menghindari miskomunikasi. Sangat penting bagi semua orang yang terlibat dalam strategi untuk mengetahui dengan baik tentang hal itu sehingga mereka menyadari peran yang mereka mainkan. Strategi yang rumit sekalipun tidak perlu dibuat sulit untuk dikomunikasikan dan secara efektif balanced scorecard dapat memberikan solusi tersebut.

3. Menyelaraskan pemangku kepentingan.

Orang-orang memahami strategi adalah satu hal, memastikan bahwa setiap orang yang terlibat mengambil langkah untuk berpartisipasi dalam strategi adalah hal yang lain, dan keduanya adalah satu-satunya cara yang harus dilakukan agar sebuah strategi berhasil.

Jauh lebih sulit bagi sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya jika pemangku kepentingan utamanya memiliki keinginan mencapai tujuan yang berbeda. Langkah pertama untuk memastikan bahwa semua pemangku kepentingan bekerja menuju tujuan yang sama, adalah memastikan mereka semua memahami tujuan.

Tujuan dari balanced scorecard adalah untuk memastikan bahwa organisasi dan orang-orang di dalamnya bekerja menuju tujuan yang sama. Memiliki tujuan yang dipetakan dengan jelas membantu semua orang memahami apa yang perlu mereka lakukan.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.